RPP Pemrograman Dasar Pertemuan 1 – 6

| August 11, 2014 | 0 Comments
RPP Pemrograman Web 1-6

RPP Pemrograman Web 1-6

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kali ini untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Multimedia SMK untuk pertemuan 1 – 6. RPP Pemrograman Web ini masih jauh dari sempurna kritik dan saran masih penulis harapkan untuk penyempurnaan RPP Pemrograman Web ini. RPP yang terdiri dari 6 Pertemuan ini baru mengupas salah satu KD yang ada dalam silabus jadi belum termasuk kedalam KD yang lain sesuai dengan pemetaan yang ada dalam Program Semester dan Program Tahunan yang sudah penulis buat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    :    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Nama Sekolah    :    SMK Negeri 1 Karanganyar

Mata Pelajaran    :    Pemrograman Dasar

Kelas/ Semester    :    X / 1

Alokasi Waktu    :    2 JP (@ 45 menit) x 6 Pertemuan

Materi Pokok    :    Algoritma Pemrograman

Pertemuan    :    1 – 6

Kompetensi Inti :

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar :

  1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
  2. Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan Pelbagai sumber energi di alam.
  3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
  4. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
  5. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

    3.1. Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman

  6. Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan

 

Indikator Pencapaian Kompetensi :

  1. Berdoa sebelum pelajaran Algortitma Pemrograman dimulai
  2. Mengaplikasikan sikap cermat, teliti dan kreatif dalam melaksanakan percobaan algoritma pemrograman
  3. Memahami penggunaan data dan konsep algoritma pemrograman dalam kehidupan sehari-hari
  4. Membuat dan memecahkan algoritma pemrograman dalam kehidupan sehari-hari
  5. Tujuan Pembelajaran

    Setelah Pembelajaran Peserta didik :

    1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, cermat, teliti dan kreatif dalam memecahkan masalah
    2. Mampu mentransformasikan diri dalam berperilaku jujur, teliti dan disiplin dalam melakukan percobaan algoritma pemrograman
    3. Membuat algoritma dasar untuk kehidupan sehari-hari
    4. Mampu menjelaskan dengan benar konsep algoritma
    5. Mampu menjelaskan dengan benar struktur algortima
    6. Terampil menerapkan struktur algoritma dalam algoritma pemrograman
    7. Mampu menjelaskan dengan benar variabel
    8. Terampil menerapkan variabel dalam algoritma pemrograman
    9. Mampu menjelaskan dengan benar karakteristik tipe data
    10. Terampil menerapkan tipe data dalam algoritma pemrograman
    11. Mampu menjelaskan dengan benar operator
    12. Terampil menerapkan penggunaan operator dalam algoritma pemrograman
    13. Mampu menjelaskan dengan benar pseudocode
    14. Terampil menerapkan pseudocode dalam pemecahan masalah algoritma
    15. Mampu menjelaskan dengan benar flowchart
    16. Terampil menerapkan flowchart dalam pemecahan masalah algoritma
    17. Menerapkan logika pemecahan masalah dalam struktur algoritma
    18. Membuat algoritma sederhana dengan bahasa natural, flowchart dan pseudocode dengan benar
    19. Mampu menjelaskan tool flowchart dengan benar
    20. Terampil Menerapkan tool flowchart dalam pemecahan masalah algoritma

  6. Materi Ajar
    1. Konsep algoritma
    2. Struktur algoritma
    3. Algoritma menggunakan bahasa natural
    4. Pengenalan Variabel
    5. Pengenalan tipe data
    6. Pengenalan operator
    7. Pseudocode
    8. Flowchart
    9. Penggunaan Tool flowchart

     

  7. Metode Pembelajaran

    Pendekatan    :    Scientific

    Metode    :    Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi

  8. Kegiatan Pembelajaran

    PERTEMUAN 1 (Konsep dan Struktur Algoritma)

    1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
      1. Motivasi :
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik
  • Memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
  1. Apersepsi :
  • Tanya jawab seputar kegiatan yang dilakukan sehari-hari
  1. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
  1. Kegiatan Inti (45 menit)

    Mengamati

  • Peserta didik mengamati contoh kegiatan sehari hari yang dipaparkan guru
  • Peserta didik mengamati alur atau diagram contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari yang disajikan guru

Menanya

  • Menanya peserta didik tentang kegiatan sehari hari yang dilakukan
  • Mengarahkan peserta didik untuk bertanya hubungan kegiatan sehari hari dengan algoritma

Mengeksplorasi

  • Peserta didik membuat urutan kegiatan yang sering dilakukan sehari-hari
  • Peserta didik menggali informasi tentang konsep algoritma dari buku atau internet
  • Peserta didik menggali informasi mengenai struktur algoritma dari buku atau internet

Mangasosiasi

  • Peserta didik mendiskusikan pengertian algoritma dan konsep algoritma
  • Peserta didik mendiskusikan struktur algoritma
  • Peserta didik masing masing kelompok membuat contoh algortima untuk kegiatan sehari-hari

Mengkomunikasikan

  • Beberapa kelompok menyimpulkan dari hasil diskusinya mengenai pengertian algoritma, konsep algoritma dan struktur algoritma
  1. Kegiatan Penutup (30 menit)

    Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
  • Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran algoritma sehari-hari
  • Guru Menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Bahasa Natural dan Pengertian Variabel
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma dalam kegiatan sehari-hari

 

PERTEMUAN 2 (Algoritma Bahasa Natural dan Pengertian Variabel)

  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
    1. Motivasi :
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik
  • Memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
  • Memberikan informasi pentingnya seorang programmer dalam sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi pentingnya algortima bagi seorang programmer
  1. Apersepsi :
  • Tanya jawab seputar kegiatan yang sering dilakukan sehari-hari
  • Mengarahkan peserta didik untuk membuka Tugas Pekerjaan Rumah pada pertemuan sebelumnya tentang algoritma kegiatan sehari-hari
  • Mengumpulkan Tugas algoritma kegiatan sehari hari yang sudah dibuat
  1. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
  1. Kegiatan Inti (45 menit)

    Mengamati

  • Peserta didik memikirkan benda-benda yang bisa digunakan untuk menampung suatu isi atau sebagai wadah dalam kehidupan sehari – hari
  • Peserta didik mengamati salah satu benda atau wadah yang bisa menampung isi yang berubah ubah
  • Peserta didik membaca modul yang tersedia tentang Variabel

Menanya

  • Menanya peserta didik tentang fungsi dari wadah yang digunakan
  • Menanya peserta didik tentang Variabel
  • Menanya peserta didik tentang macam variabel
  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas (Variabel)

Mengeksplorasi

  • Peserta didik menggali informasi tentang pengertian algortima dengan bahasa natural dan contoh algoritma dengan bahasa natural dalam kegiatan sehari-hari melalui buku atau internet
  • Peserta didik menjelaskan pengertian variabel dan contoh penerapan masing-masing macam variabel

Mangasosiasi

  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mendiskusikan pengertian algoritma bahasa natural dan penggunaan dari masing masing variabel

Mengkomunikasikan

  • Beberapa perwakilan kelompok dari peserta didik mengemukakan kesimpulan hasil diskusinya
  1. Kegiatan Penutup (30 menit)

    Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
  • Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran
  • Guru Menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Pengenalan Tipe Data
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma dalam kegiatan sehari-hari dengan menyertakan variabel yang bisa digunakan dan algoritma berformat bahasa natural

 

PERTEMUAN 3 (Pengenalan Tipe Data)

  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
    1. Motivasi :
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik
  • Memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
  • Memberikan informasi pentingnya seorang programmer dalam sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi pentingnya algortima bagi seorang programmer
  • Memberikan informasi pentingnya tipe data dalam penyusunan program komputer
  1. Apersepsi :
  • Tanya jawab seputar materi kegiatan kemarin dan tugas yang diberikan
  • Mengarahkan peserta didik untuk membuka Tugas Pekerjaan Rumah pada pertemuan sebelumnya tentang variabel
  • Mengumpulkan Tugas yang sudah dibuat
  1. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
  1. Kegiatan Inti (45 menit)

    Mengamati

  • Peserta didik mengamati contoh baris program yang ditampilkan oleh guru

Menanya

  • Menanya peserta didik tentang apa yang berbeda dari struktur program yang dipaparkan

Mengeksplorasi

  • Peserta didik menggali informasi tentang tipe data dalam penyusunan sebuah program

Mangasosiasi

  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mendiskusikan pengertian tipe data
  • Peserta didik mendiskusikan penggunaan tipe data

Mengkomunikasikan

  • Beberapa perwakilan kelompok dari peserta didik mengemukakan kesimpulan hasil diskusinya
  1. Kegiatan Penutup (30 menit)

    Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
  • Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran
  • Guru Menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Pengenalan Operator
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma mengandung tipe data
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma mengandung tipe data dan variabel

 

Pertemuan 4 (Pengenalan Operator)

  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
    1. Motivasi :
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik
  • Memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
  • Memberikan informasi pentingnya seorang programmer dalam sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi pentingnya algortima bagi seorang programmer
  • Memberikan informasi pentingnya operator dalam penyusunan program komputer
  1. Apersepsi :
  • Tanya jawab seputar materi kegiatan kemarin dan tugas yang diberikan
  • Mengarahkan peserta didik untuk membuka Tugas Pekerjaan Rumah pada pertemuan sebelumnya
  • Mengumpulkan Tugas yang sudah dibuat
  1. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
  1. Kegiatan Inti (45 menit)

    Mengamati

  • Peserta didik mengamati contoh baris program yang ditampilkan oleh guru

Menanya

  • Menanya peserta didik tentang apa yang berbeda dari struktur program yang dipaparkan
  • Menanya peserta didik mengenai pebedaan kode program yang ditampilkan dengan sebelumnya
  • Menanya peserta didik yang sudah mengetahui maksud dari kode yang berbeda tersebut

Mengeksplorasi

  • Peserta didik menggali informasi tentang Pengenalan Operator
  • Peserta didik menggali informasi tentang jenis Operator
  • Peserta didik menggali informasi penggunaan Operator

Mangasosiasi

  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mendiskusikan pengertian Operator
  • Peserta didik mendiskusikan jenis Operator
  • Peserta didik mendiskusikan penggunaan Operator dan contoh algoritmanya

Mengkomunikasikan

  • Beberapa perwakilan kelompok dari peserta didik mengemukakan kesimpulan hasil diskusinya
  1. Kegiatan Penutup (30 menit)

    Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
  • Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran
  • Guru Menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Pseudocode
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma mengandung Operator
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma mengandung Operator dan Tipe Data
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh algoritma mengandung Variabel, Operator dan Tipe Data

 

Pertemuan 5 (Pseudocode)

  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
    1. Motivasi :
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik
  • Memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
  • Memberikan informasi pentingnya seorang programmer dalam sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi pentingnya algortima bagi seorang programmer
  • Memberikan informasi pentingnya operator dalam penyusunan program komputer
  1. Apersepsi :
  • Tanya jawab seputar materi kegiatan kemarin dan tugas yang diberikan
  • Mengarahkan peserta didik untuk membuka Tugas Pekerjaan Rumah pada pertemuan sebelumnya
  • Mengumpulkan Tugas yang sudah dibuat
  1. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
  1. Kegiatan Inti (45 menit)

    Mengamati

  • Peserta didik mengamati contoh baris yang ditampilkan oleh guru

Menanya

  • Menanya peserta didik tentang apa yang berbeda dari baris yang dipaparkan
  • Menanya peserta didik mengenai pebedaan kode program yang ditampilkan dengan sebelumnya
  • Menanya peserta didik yang sudah mengetahui maksud dari kode yang berbeda tersebut

Mengeksplorasi

  • Peserta didik menggali informasi tentang Pseudocode
  • Peserta didik menggali informasi penggunaan Operator

Mangasosiasi

  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mendiskusikan pengertian PSeudocode
  • Peserta didik mendiskusikan penggunaan Operator dan Pseudocode

Mengkomunikasikan

  • Beberapa perwakilan kelompok dari peserta didik mengemukakan kesimpulan hasil diskusinya
  1. Kegiatan Penutup (30 menit)

    Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
  • Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran
  • Guru Menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Flowchart dan tool flowchart
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh Pseudocode mengandung Operator
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh Pseudocode mengandung Operator dan Tipe Data
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh Pseudocode mengandung Variabel, Operator dan Tipe Data

 

Pertemuan 6 (Flowchart dan Penggunaan Tool Flowchart)

  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
    1. Motivasi :
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik
  • Memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
  • Memberikan informasi pentingnya seorang programmer dalam sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi pentingnya algortima bagi seorang programmer
  • Memberikan informasi pentingnya flowchart dalam penyusunan program komputer
  1. Apersepsi :
  • Tanya jawab seputar materi kegiatan kemarin dan tugas yang diberikan
  • Mengarahkan peserta didik untuk membuka Tugas Pekerjaan Rumah pada pertemuan sebelumnya
  • Mengumpulkan Tugas yang sudah dibuat
  1. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
  1. Kegiatan Inti (45 menit)

    Mengamati

  • Peserta didik mengamati contoh baris yang ditampilkan oleh guru

Menanya

  • Menanya peserta didik tentang apa yang berbeda dari baris yang dipaparkan
  • Menanya peserta didik mengenai pebedaan kode program yang ditampilkan dengan sebelumnya
  • Menanya peserta didik yang sudah mengetahui maksud dari kode yang berbeda tersebut

Mengeksplorasi

  • Peserta didik menggali informasi tentang Flowchart
  • Peserta didik menggali informasi tool apliaksi flowchart
  • Peserta didik menggali informasi penggunaan fungsi flowchart

Mangasosiasi

  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mendiskusikan pengertian Flowchart
  • Peserta didik mendiskusikan penggunaan Flowchart

Mengkomunikasikan

  • Beberapa perwakilan kelompok dari peserta didik mengemukakan kesimpulan hasil diskusinya
  1. Kegiatan Penutup (30 menit)

    Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
  • Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran
  • Guru Menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Flowchart dan tool flowchart
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh Pseudocode mengandung Operator
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh Pseudocode mengandung Operator dan Tipe Data
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat beberapa contoh Pseudocode mengandung Variabel, Operator dan Tipe Data

 

  1. Alat/Media dan Sumber Belajar
    1. Alat/Media
      1. White Board
      2. Laptop
      3. LCD
      4. Lembar Kerja
    2. Sumber Belajar
      1. Algoritma dan Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C, Rinaldi Munir, November 2011, Penerbit INFORMATIKA
      2. Pemrograman Bahasa C dengan Turbo C, Achmad Solichin, 2013, ilmukomputer.com
      3. Algoritma & Pemrograman Teori dan Praktik dalam Pascal, Muhammad Zarlis dan Handrizal, 2008, USU Press

         

  2. Penilaian

    Instrumen Penilaian terdiri dari :

    1. Penilaian Sikap Diri Sendiri (Siswa)
    2. Penilaian Sikap Pengamatan Proses Pembelajaran
    3. Penilaian Kejujuran
    4. Penilaian Kedisiplinan
    5. Penilaian Test Tertulis
    6. Penilaian Hasil Belajar

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

BENTUK PENILAIAN DIRI SENDIRI

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Nama Siswa    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Bacalah instrumen ini dengan cermat dan dengan sikap jujur beri tanda (V) pada kolom yang sesuai!

NO

PERNYATAAN

TP

JR

SR

SL

1

2

3

4

 

 

1.

Saya membaca materi pelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran.

2.

Saya mendengarkan sungguh–sungguh penjelasan guru pada saat mengajar.

 

3.

Saya menanyakan kepada guru tentang materi pelajaran yang belum

dipahami.

 

4.

Saya mendengarkan informasi yang berkaitan dengan materi yang

dipelajari.

    5.

Saya senang bekerja sendiri dalam menyelesaikan masalah.

    6.

Saya senang bekerja kelompok dalam menyelesaikan masalah.

    7.

Saya berpartisipasi pada kegiatan kelompok.

 

8.

Saya memberikan kontribusi besar terhadap keberhasilan kerja

kelompok.

 

9.

Saya yakin kelompok saya berhasil.

    10.

Saya yakin kelompok saya berhasil tanpa kontribusi saya.

    11.

Saya merasa terganggu kalau kerja kelompok.

12.

Saya merasa cukup memperoleh informasi dari guru saja untuk

menyelesaikan masalah.

    13.

Saya memperoleh manfaat dari kegiatan kelompok

    14.

Saya tidak memperoleh manfaat dari kegiatan kelompok.

    15.

Saya mengharapkan kerja kelompok pada berbagai kegiatan

Ket :

  1. TP    Tidak Pernah
  2. JR    Jarang
  3. SR    Sering
  4. SL    Selalu

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

PENGAMATAN PROSES PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Aspek Yang Di Observasi :

  1. Interaksi antar siswa dalam konteks pembelajaran
  2. Interaksi Siswa dengan Guru
  3. Kesungguhan dalam mengerjakan Tugas Kelompok
  4. Kerjasama antar siswa dalam kegiatan belajar

Beri Tanda Contreng
(√) Pada Kolom yang tersedia menurut penilaian Guru

No

Nama Siswa

A

B

C

D

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20

Ket :

  1. Kurang, jika siswa yang bersangkutan lebih banyak diam untuk berinteraksi/berdiskusi dengan temannya
  2. Cukup, jika siswa yang bersangkutan sekali-sekali berinteraksi/diskusi dengan temannya
  3. Baik, jika siswa yang bersangkutan sering berinteraksi/diskusi dengan temannya
  4. Sangat Baik, jika siswa yang bersangkutan selalu berinteraksi/diskusi dengan temannya dalam konteks pembelajaran

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

PENGAMATAN PROSES PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Aspek Yang Di Observasi :

  1. Kemandirian siswa dalam belajar
  2. Cara Siswa menghargai pendapat orang lain
  3. Cara Siswa mengkritik oranglain
  4. Cara Siswa menghargai pendapat yang berbeda

Beri Tanda Contreng
(√) Pada Kolom yang tersedia menurut penilaian Guru

No

Nama Siswa

E

F

G

H

Skor

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20

Ket :

  1. Kurang, jika siswa yang bersangkutan lebih banyak diam untuk berinteraksi/berdiskusi dengan temannya
  2. Cukup, jika siswa yang bersangkutan sekali-sekali berinteraksi/diskusi dengan temannya
  3. Baik, jika siswa yang bersangkutan sering berinteraksi/diskusi dengan temannya
  4. Sangat Baik, jika siswa yang bersangkutan selalu berinteraksi/diskusi dengan temannya dalam konteks pembelajaran

INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP KEJUJURAN DIRI SENDIRI

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Nama Siswa    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Bacalah instrumen ini dengan cermat dan dengan sikap jujur beri tanda (V) pada kolom yang sesuai!

NO

PERNYATAAN

TP

JR

SR

SL

1

2

3

4

1.

Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan

2.

Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas

3.

Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang

4.

Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan

5.

Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

 

Ket :

  1. TP    Tidak Pernah
  2. JR    Jarang
  3. SR    Sering
  4. SL    Selalu

INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP KEJUJURAN

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Aspek Yang Di Observasi :

  1. Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
  2. Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
  3. Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
  4. Melaporkan data atau informasi apa adanya
  5. Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

Beri Tanda Contreng
(√) Pada Kolom yang tersedia menurut penilaian Guru

No

Nama Siswa

A

B

C

D

E

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20

Ket :

  1. Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan
  2. Kadang-Kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
  3. Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
  4. Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP KEJUJURAN DIRI SENDIRI

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Nama Siswa    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Bacalah instrumen ini dengan cermat dan dengan sikap jujur beri tanda (V) pada kolom yang sesuai!

NO

PERNYATAAN

Melakukan

Ya

Tidak

1.

Saya masuk kelas tepat waktu

  2.

Saya mengumpulkan tugas tepat waktu

  3.

Saya memakai seragam sesuai tata tertib

  4.

Saya mengerjakan tugas yang diberikan

  5.

Saya tertib dalam mengikuti pembelajaran

  6.

Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan

  7.

Saya membawa buku tulis sesuai mata pelajaran

  8.

Saya membawa buku teks mata pelajaran

 

Ket :

Ya     = apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan

Tidak     = apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan.

INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP KEJUJURAN

Satuan Pendidikan    :

Kelas/Semester    :

Mata Pelajaran    :

Materi Pokok    :

Kelas/NIS    :

Tanggal    :

Aspek Yang Di Observasi :

  1. Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
  2. Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
  3. Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
  4. Melaporkan data atau informasi apa adanya
  5. Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

Beri Tanda Contreng
(√) Pada Kolom yang tersedia menurut penilaian Guru

No

Nama Siswa

A

B

C

D

E

Skor

Y

T

Y

T

Y

T

Y

T

Y

T

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20

Ket :

Ya    = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan

Tidak    = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Kriteria Penilaian

NILAI = x 4

Skor Y Mendapat Nilai = 1

Skor N tidak mendapatkan nilai alias 0

INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR

TES TERTULIS

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!

  1. Tuliskan Algoritma Mematikan Komputer Sistem Operasi Windows 7!
  2. Sebutan Konsep Algoritma
  3. Apa yang dimaksud dengan Algoritma Pe-Ubah
  4. Apa yang dimaksud dengan Algoritma Pertukaran
  5. Diketahui nilai P=0, Q=5 dan R=10, diberikan algoritma P=Q, Q=R, maka nilai P,Q dan R sekarang adalah?

Kunci Jawaban

  1. Start, Klik Start, Kllik Turn Off, Klik Shutdown, End
  2. Algoritma Pe-Ubah dan Algoritma Pertukaran
  3. Variabel yang nilainya bukan konstanta
  4. Berfungsi mempertukarkan masing-masing isi variabel sedemikian sehingga nilai dari variabel akan berubah
  5. 25

Kriteria Penilaian

No

Skor

Penilaian

1

5

Nilai= x 100

2

2

3

1

4

1

5

1

Nilai Maksimal 100

Total Skor

10

Nilai Minimal 0

Artikel RPP Pemrograman Dasar Pertemuan 1 – 6

ditulis oleh :

Kata Kunci : , , ,

Kelompok Artikel: RPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *