RPP Mengoperasikan Software Penyunting Audio

| April 9, 2014 | 0 Comments
rpp

rpp

RPP Mengoperasikan Software Penyunting Audio ini ditujukan untuk kelas XI Semester 1. RPP Mengoperasikan Software Penyunting Audio terdiri dari 19 pertemuan, ada beberapa pertemuan yang digabung menjadi satu rpp. Dalam penyuntingan Audio terdapat juga materi video tetapi terkhusus ada editing audio dalam video ataupun hanya sebagai dubbing dari video. untuk lebih lengkapnya silahkan simak RPP Mengoperasikan Software Penyunting Audio berikut ini :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 1

Pertemuan ke    :     1-5

Alokasi Waktu    :     15 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Mempersiapkan software
digital Audio

Indikator             :     Siswa dapat

  • Software digital Audio telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
  • User manual software digital Audio sudah disediakan dan dipahami
  • Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation manual dan SOP yang berlaku.
  • Software digital Audio dijalankan.
  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu Mempersiapkan software digital Audio
  1. Materi Ajar
  • Pengenalan software digital Audio

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Proses praktik Laboratorium Komputer
          • Menyalakan komputer sesuai dengan Installation manual dan SOP
          • Menjalankan software digital Audio sesuai prosedur. Contoh: Avid, Adobe Premiere, Apple Final Cut Pro, Ulead Audio Studio

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital Audio

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 1

Pertemuan ke    :     6-13

Alokasi Waktu    :     24 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Mengenali menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital

Indikator             :     Siswa dapat

  • Objek Audio digital, menu, dan fitur yang disediakan software digital Audio beserta shortcut-nya dikenali berda-sarkan user manual
  • Fitur pengelolaan file software digital Audio dapat digunakan, seperti: buat/create/ new, simpan/save, buka/ open, simpan dengan nama lain/ save as.
  • Fasilitas siap pakai seperti wizard, libraries, atau template pada software digital Audio dimanfaatkan untuk pembuatan file Audio digital sederhana
  • Penyimpanan file Audio digital menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: prj, mpg, dat, avi, mov, dsb.

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu Mengenali menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
  1. Materi Ajar
  • Pengenalan software digital Audio
  • Objek video digital, menu dan interface software digital Audio
  • Fitur pengelolaan file soft-ware digital Audio
  • Fasilitas wizard, libraries atau wizard
  • Teknik penyimpanan file Audio digital

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Proses praktik Laboratorium Komputer
          • Menggunakan menu dan interface software digital Audio secara tepat
          • Menggunakan fitur pengelolaan file software digital Audio sesuai tujuannya
          • Membuat Audio digital sederhana dengan fasilitas wizard/libraries/ template
          • Menyimpan file Audio digital dengan menggunakan format prj, mpg, dat, avi, mov, dsb.

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital video
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file video digital

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file v Audio digital

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 1

Pertemuan ke    :     14 – 19

Alokasi Waktu    :     18 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Melakukan penyuntingan Audio

Indikator             :     Siswa dapat

  • Rekaman Audio disunting dengan fasilitas video capture software digital Audio
  • Fitur dan efek video diaplikasikan dalam pembuatan Audio pendukung materi multimedia.
  • Tujuan Pembelajaran
    • Siswa mampu Melakukan penyuntingan Audio

  • Materi Ajar
    • Teknik penyuntingan Audio
    • Fitur dan efek Audio

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Proses praktik Laboratorium Komputer
          • Menyunting audio dengan software digital Audio
          • Mengaplikasikan fitur dan efek Audio dalam pembuatan materi pendukung multimedia

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

1003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 2

Pertemuan ke    :     1-5

Alokasi Waktu    :     15 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Mempersiapkan software
digital Audio

Indikator             :     Siswa dapat

  • Software digital Audio telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
  • User manual software digital Audio sudah disediakan dan dipahami
  • Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation manual dan SOP yang berlaku.
  • Software digital Audio dijalankan.
  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu Mempersiapkan software digital Audio
  1. Materi Ajar
  • Pengenalan software digital Audio

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Proses praktik Laboratorium Komputer
          • Menyalakan komputer sesuai dengan Installation manual dan SOP
          • Menjalankan software digital Audio sesuai prosedur. Contoh: Avid, Adobe Premiere, Apple Final Cut Pro, Ulead Audio Studio

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital Audio

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 2

Pertemuan ke    :     6-13

Alokasi Waktu    :     24 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Mengenali menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital

Indikator             :     Siswa dapat

  • Objek Audio digital, menu, dan fitur yang disediakan software digital Audio beserta shortcut-nya dikenali berda-sarkan user manual
  • Fitur pengelolaan file software digital Audio dapat digunakan, seperti: buat/create/ new, simpan/save, buka/ open, simpan dengan nama lain/ save as.
  • Fasilitas siap pakai seperti wizard, libraries, atau template pada software digital Audio dimanfaatkan untuk pembuatan file Audio digital sederhana
  • Penyimpanan file Audio digital menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: prj, mpg, dat, avi, mov, dsb.
  • .
  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu Mengenali menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
  1. Materi Ajar
  • Pengenalan software digital Audio
  • Objek video digital, menu dan interface software digital Audio
  • Fitur pengelolaan file soft-ware digital Audio
  • Fasilitas wizard, libraries atau wizard
  • Teknik penyimpanan file Audio digital

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Proses praktik Laboratorium Komputer
          • Menggunakan menu dan interface software digital Audio secara tepat
          • Menggunakan fitur pengelolaan file software digital Audio sesuai tujuannya
          • Membuat Audio digital sederhana dengan fasilitas wizard/libraries/ template
          • Menyimpan file Audio digital dengan menggunakan format prj, mpg, dat, avi, mov, dsb.

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital video
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file video digital

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file v Audio digital

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 2

Pertemuan ke    :     14-18

Alokasi Waktu    :     15 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Melakukan penyuntingan Audio

Indikator             :     Siswa dapat

  • Rekaman Audio disunting dengan fasilitas video capture software digital Audio
  • Fitur dan efek video diaplikasikan dalam pembuatan Audio pendukung materi multimedia.
  • Tujuan Pembelajaran
    • Siswa mampu Melakukan penyuntingan Audio

  • Materi Ajar
    • Teknik penyuntingan Audio
    • Fitur dan efek Audio

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Proses praktik Laboratorium Komputer
          • Menyunting audio dengan software digital Audio
          • Mengaplikasikan fitur dan efek Audio dalam pembuatan materi pendukung multimedia

      • Konfirmasi
        • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
        • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
        • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
        • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
        • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
        • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Editing Audio

Kelas/Semester    :     XI/ 2

Pertemuan ke    :     19

Alokasi Waktu    :     3 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Penyunting Audio

Kompetensi Dasar        :     Mengintegrasikan Audio ke dalam multimedia

Indikator             :     Siswa dapat

  • File video dapat diintegrasikan (di-import) dan dijalankan di halaman (objek) web dengan menggunakan software web
  • File Audio dapat diintegrasikan (di-import) dan di-jalankan di halaman (objek) multimedia dengan menggunakan software multimedia
  • Tujuan Pembelajaran
    • Siswa mampu Mengintegrasikan Audio ke dalam

  • Materi Ajar
    • Teknik penyuntingan Audio
    • Fitur dan efek Audio
    • Teknik integrasi Audio ke halaman web dan multimedia

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Mengintegrasikan Audio ke halaman web dengan tepat
          • Mengintegrasikan Audio ke halaman multimedia dengan tepat

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio
    • Teknik integrasi Audio ke halaman web dan multimedia

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio
    • Teknik integrasi Audio ke halaman web dan multimedia

  • Kegiatan akhir
    • Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio
    • Teknik integrasi Audio ke halaman web dan multimedia

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Mempersiapkan software digital Audio
    • Menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file Audio digital
    • Melakukan penyuntingan Audio
    • Teknik integrasi Audio ke halaman web dan multimedia

RPP Mengoperasikan Software Penyunting Audio ini masih belum sempurna, bahkan ada beberapa ketikan yang masih salah. Jika ada yang kurang tepat mohon maaf dan semoga rpp ini bisa membantu pembaca yang membutuhkan terkhusus bagi penulis sebagai bank artikel di internet sehingga bila suatu saat membutuhkan dapat mengkases dengan mudah. Bagi pembaca yang berkenan mendapatkan format rpp dalam bentuk word silahkan jalankan tautan dibawah ini.

Artikel RPP Mengoperasikan Software Penyunting Audio

ditulis oleh :

Kata Kunci :

Kelompok Artikel: RPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *