RPP Mengoperasikan Software Animasi 2 Dimensi

rpp
rpp

Berikut ini mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Mata Diklat Mengoperasikan Software Animasi 2 Dimensi. RPP Animasi 2 Dimensi ini baru selesai satu pertemuan dan mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan penulisan semoga rpp ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan terkhusus bagi penulis. Tujuan RPP ini penulis upload untuk memudahkan jika suatu saat penulis membutuhkan file maka bisa langsung mengunjungi halaman blog penulis dan mengunduhnya tidak repot mencari di harddisk, belum lagi jika hdd eksternalnya ketinggalan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Animasi 2 D

Kelas/Semester    :     X / 2

Pertemuan ke    :     1

Alokasi Waktu    :     4 x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan software animasi 2 dimensi

Kompetensi Dasar    :     Mempersiapkan software animasi 2D (2D animation)

Indikator     :     Siswa dapat

  • Software 2D animation telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
  • User manual software 2D animation sudah disediakan dan dipahami
  • Menyalakan Perangkat komputer, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation manual dan SOP yang berlaku.
  • Software 2D animation dijalankan

  • Tujuan Pembelajaran

    • Siswa Mempersiapkan software animasi 2D (2D animation)

  • Materi Ajar

    • Pengenalan software 2D animation

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti

      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Proses penegenalan praktik
          • Menyalakan komputer sesuai dengan Installation manual dan SOP
          • Menjalankan software animasi 2D sesuai prosedur. Contoh: CorelRetas, Macromedia Flash

      • Konfirmasi

  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.

  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • Pengenalan software 2D animation

  • Kegiatan Inti
    • Mempersiapkan Penggunaan software 2D animation

  • Kegiatan akhir
    • Mampu Mengaplikasi software 2D animation

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan persiapan software 2D animation

 untuk dapat melihat versi ketiknya silahkan kunjungi tautan dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *