RPP Mempersiapkan software Efek Visual

rpp
rpp

RPP Mempersiapkan software Efek Visual terdiri dari 19 Pertemuan. RPP ini ditujukan untuk kelas XII semester 2, jika pembaca membutuhkan bisa menyimak artikel post tentang RPP Mempersiapkan software Efek Visual berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Visual Efek

Kelas/Semester    :     XII/ 2

Pertemuan ke    :     1-5

Alokasi Waktu    :     6 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Efek Visual

Kompetensi Dasar        :     Mempersiapkan software
visual effects

Indikator             :     Siswa dapat

  • Software visual effects telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
  • User manual software visual effects sudah disediakan dan dipahami
  • Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation manual dan SOP yang berlaku.
  • Software visual effects dijalankan
  • Tujuan Pembelajaran
    • Siswa mampu Mempersiapkan software visual effects

  • Materi Ajar
    • Pengenalan software visual effects

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Menyalakan komputer sesuai dengan Installation manual dan SOP
          • Menjalankan software visual effects sesuai prosedur. Contoh: Adobe After Effects, Discreet Cosbustion, Eyeon Digital Fusion

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • Pengenalan software visual effects

  • Kegiatan Inti
    • Pengenalan software visual effects

  • Kegiatan akhir
    • Pengenalan software visual effects

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Pengenalan software visual effects

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Visual Efek

Kelas/Semester    :     XII/ 2

Pertemuan ke    :     6-10

Alokasi Waktu    :     40 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Efek Visual

Kompetensi Dasar        :     Mengenali menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

Indikator             :     Siswa dapat

  • Objek gambar statik, menu, dan fitur yang disediakan software visual effects beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual
  • Fitur pengelolaan file software visual effects dapat diguna-kan, seperti: buat/create/ new, simpan/save, buka/ open, simpan dengan nama lain/ save as.
  • Fasilitas siap pakai seperti wizard, libraries, atau template pada software visual effects dimanfaatkan untuk pembuatan file efek visual sederhana
  • Penyimpanan file efek visual menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: aep, tif, jpg, mpg,
  • Tujuan Pembelajaran
    • Siswa mampu Mengenali menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

  • Materi Ajar
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Fitur pengelolaan file soft-ware visual effects
    • Fasilitas wizard, libraries atau wizard
    • Teknik penyimpanan file efek visual

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Menyalakan komputer sesuai dengan Installation manual dan SOP
          • Menggunakan menu dan interface software visual effects secara tepat
          • Menggunakan fitur pengelolaan file software visual effects sesuai tujuannya
          • Membuat efek visual sederhana dengan fasilitas wizard/libraries/ template
          • Menyimpan file efek visual dengan menggu-nakan format aep, tif, jpg, mpg, avi, mov, dab.

      • Konfirmasi
  • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
  • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

  • Kegiatan Inti
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

  • Kegiatan akhir
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Visual Efek

Kelas/Semester    :     XII/ 2

Pertemuan ke    :     11-15

Alokasi Waktu    :     28 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Efek Visual

Kompetensi Dasar        :     Melakukan pembuatan efek visual

Indikator             :     Siswa dapat

  • Fitur dan efek-efek visual dikenali, diaplikasikan dan diintegrasikan dalam pem-buatan video klip sederhana
  • Fitur dan efek-efek visual dikenali, diaplikasikan dan diintegrasikan dalam pem-buatan game sederhana
  • Tujuan Pembelajaran
    • Siswa mampu Melakukan pembuatan efek visual

  • Materi Ajar
    • Teknik integrasi fitur dan efek-efek visual

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Mengaplikasikan dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan video klip sederhana sesuai storyboard
          • Mengaplikasikan dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan game sederhana sesuai story-board

      • Konfirmasi
        • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
        • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
        • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
        • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
        • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
        • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual

  • Kegiatan Inti
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Pembuatan efek visual

  • Kegiatan akhir
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Pembuatan efek visual

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Pembuatan efek visual

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :     Visual Efek

Kelas/Semester    :     XII/ 2

Pertemuan ke    :     16-19

Alokasi Waktu    :     10 jam x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Mengoperasikan Software Efek Visual

Kompetensi Dasar        :     Mengintegrasikan efek visual ke dalam multimedia

Indikator             :     Siswa dapat

  • File efek visual dapat diinteg-rasikan (di-import) ke dalam file paket multimedia dengan menggunakan software multimedia

A.    Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu Mengintegrasikan efek visual ke dalam multimedia
  1. Materi Ajar
  • Teknik integrasi efek visual ke dalam file paket multi-media

C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tiori dan praktek
  • Demontrasi
  • Penugasan

D. Media Pembelajaran

  • Modul Teknik Informatika
  • Tiori Teknik Informatika
  • CD.pembelajaran
  • Reprensi Informatika

E. Langkah – langkah Pembelajaran

  • Kegiatan awal
  • Pendahuluan
    • Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing masing untuk mengawali pelajaran.
    • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Menyampaikan indikator Pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
    • Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
    • Kegiatan Inti
      • Ekplorasi
        • Guru memberikan petunjuk atau arahan dalan kegiatan pembelajaran praktek yang akan diberikan kepada peserta didik.
        • Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok.
        • Mendengarkan penjelasan dari informasi-informasi yang disampaikan.
        • Mendemontrasikan bahan, peralatan, software yang akan dilakukan.
        • Menentukan alat / bahan komponen yang akan dilakukan.
        • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
        • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      • Elaborasi
        • Membuat pola kelompok tempat duduk sesuai absensi kelompok secara adil.
        • Untuk mengetahui peserta didik guru memberikan pertanyaan.
        • Peserta didik memahami informasi tentang komponen, alat atau bahan, software.
        • Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada.
        • Guru mempraktekkan peralatan yang akan digunakan.
        • Guru memperagakan cara pemasangan komponen.
        • Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
        • Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola kegiatan pembelajaran.
        • Guru memberikan daftar nama setiap komponen dan membandingkan dengan produk lainnya.
        • Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan menggunakan produk berkwalitas tinggi.
        • Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk yang baik.
        • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
        • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
        • Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu.
        • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang akan dilakukan baik lisan, tulisan secara individual atau kelompok.
          • Memberikan motivasi
          • Mengaplikasikan dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan video klip sederhana sesuai storyboard
          • Mengaplikasikan dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan game sederhana sesuai story-board

      • Konfirmasi
        • Memberikan     umpan balik dan penguatan dan menyimpulkan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
        • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi, elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
        • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
        • Guru memberikan kata pujian kepada peserta didik atas keaktifan dalam proses pembelajaran.
        • Guru memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
        • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
        • Guru memberikan penguatan pembelajaran dan penyimpulan.
  • Kegiatan Penutup
    • Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman dan kesimpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

  • Menjelaskan tujuan materi yang di pelajari
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Mengintegrasikan efek visul ke dalam multimedia

  • Kegiatan Inti
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Pembuatan efek visual
    • Mengintegrasikan efek visul ke dalam multimedia

  • Kegiatan akhir
    • Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Pembuatan efek visual
    • Mengintegrasikan efek visul ke dalam multimedia

  • Alat dan sumber belajar
    • Format isian pembelajaran
    • Buku reperensi Teknik Informatika
    • CD Pembelajaran
    • Jaringan dan perangkat computer

  • Penilaian
    • Dapat mengiterprestasikan dan Pengenalan software visual effects
    • Menu dan fitur, serta membuat, membuka, menyimpan file efek visual
    • Pembuatan efek visual
    • Mengintegrasikan efek visul ke dalam multimedia

Untuk yang menginginkan versi ketiknya bisa mengunduh melalui tautan dibawah ini, jangan lupa like terlebih dahulu ya supaya fan page saterlat.com banyak dan bagi yang sudah bergabung akan mendapatkan update secara otomatis melalui fan page facebook masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *