Root Android Smartphone Anda

Cara Root Android Lenovo A706
Cara Root Android

Banyak sekali tutorial yang beredar mengenai cara Root android dari yang menggunakan aplikasi sampai dengan metode CWM. Tetapi hal tersebut belum diketahui oleh banyak orang baru beberapa orang yang mau atau orang yang bekerja di perbaikan ponsel tahu cara ini. Biar gak ketinggalan informasi mari kita simak bersama bagaimana cara melakukan rooting Lenovo A706 supaya bisa digunakan untuk modifikasi aplikasi android lainnya.

Cara rooting Lenovo A706

Tutorial ini saya dapatkan dari agan Grapseed di Kaskus, namun saya telah mencobanya sendiri. Kebetulan cara yang dibagikan ini sesuai dengan firmware saya yang sudah versi S120. Versi S118 keatas tidak bisa diinstall CWM, tetapi ada satu cara untuk mengakalinya.

Yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Saya sarankan adalah Windows 7 atau Windows 8. Diluar itu saya belum mencoba.
  • Mengerti cara menggunakan command prompt Windows.
  • Kabel data USB, pasti sudah ada bersama paket pembelian Lenovo A706.

Setelah hal-hal diatas dipenuhi, download paket perlengkapan untuk rooting A706 di sini: Rooting Lenovo A706 Armani.

Paket ini sudah saya modifikasi lokasi dan bentuknya dari aslinya milik agan Grapeseed. Paket berupa ADB dan file untuk rooting. Setelah download, extract di folder kosong. Anda akan menemukan satu folder bernama adb dan sebuah file zip.

Yak, mulai rooting Lenovo A706!

Saya asumsikan anda sudah bisa menggunakan Lenovo A706 dengan komputer. Driver Lenovo A706 sudah ada bersama handset ini. Saat anda pertama kali menyambungkan handset ini dengan komputer, akan ada drive baru yang isinya driver Lenovo. Klik saja pada file LeDrivers.msi dan ikuti langkah-langkahnya.

A706 USB - Courtesy: Grapeseed (Kaskus).

Setelah driver terinstall, berarti anda sudah bisa menggunakannya. Di layar Lenovo A706 anda akan tampil seperti gambar disamping. Pastikan anda mencentang “USB Debugging”. Klik “Turn on USB Storage”. Setelah storage terdeteksi sebagai drive di komputer anda, salin file CWM-SuperSU-v0.94.zip ke internal storage anda, jangan microSD ya.

Setelah selesai menyalin file tersebut, matikan USB storage, maka anda berada dalam USB Debug mode. Buka folder adb dari paket tadi, lalu di tempat kosong tekan SHIFT+KLIK KANAN MOUSE dan pilih “Open command window here”. Akan terbuka command prompt windows yang siap anda gunakan.

Ketik perintah: adb devices

Jika dibawah tulisan “List of devices attached” tidak kosong, maka itu adalah Lenovo A706 anda. Berarti Lenovo A706 anda sudah terkoneksi dan siap menerima perintah selanjutnya.

Ketik lagi perintah: adb reboot bootloader

Setelah anda tekan ENTER, akan ada proses beberapa detik. Lalu A706 anda akan reboot dan berhenti pada logo Lenovo. Jangan panik, itu normal. Jika anda baru pertama kali melakukan ini, Windows akan menginstall lagi drivernya, mungkin 2-5 menit.

Setelah Windows menyatakan instalasi berhasil, ketikkan perintah: fastboot devices hingga muncul hal yang sama seperti saat anda mengentikkan perintah “adb devices”. Jika semua sudah sukses, lalu ketikkan perintah dibawah ini:

fastboot boot recovery.img

Lenovo A706 anda akan masuk ke mode recovery menggunakan CWM sebagai antarmukanya. Sampai disini penggunaan komputer sudah tidak diperlukan lagi, anda bisa melepas kabel data dan mengambil handset anda supaya lebih mudah mengoperasikannya.

Update paket rooting Lenovo A706

Masih ingat dengan file CWM-SuperSU-v0.94.zip yang tadi dikopi ke internal storage Lenovo A706 anda? Nah, itulah dia tugas anda sekarang. Sebagai informasi, untuk CWM tidak bisa menggunakan touchscreen, kontrol naik turun menggunakan tombol volume +/- dan untuk memilih menggunakan tombol power. Jika saat menekan tombol volume +/- layar bergerak-gerak, jangan khawatir handset anda rusak, memang dari sana begitu. :)

Cara installnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu “Install zip from sdcard”.
  • Pilih menu “Choose zip from sdcard”.
  • Cari file CWM-SuperSU-v0.94.zip dan pilih.
  • Confirm instalasi, pilih yang ada “Yes”. Ada banyak No-nya, untuk menghindari kesalahan.

Setelah itu proses flashing akan berjalan. Flashing ini tidak lama, kurang dari 30 detik kok. Saat selesai, maka akan kembali ke menu CWM. Pilih menu paling atas untuk reboot handset anda. Sesaat sebelum reboot, akan muncul peringatan yang yang pada intinya bilang bahwa saat reboot recovery akan kembali ke stock. Pilih saja no untuk tidak menginstall recovery ke ROM anda.

Setelah reboot lalu masuk ke sistem, A706 seharusnya berjalan lancar dan normal. Buka drawer anda dan cek program “SuperSU”. Jika ada, maka proses rooting berjalan sukses. Jangan lupa untuk mengupdate program SuperSU lewat Google Play. Hal wajib selanjutnya adalah install busybox. Setelah itu, silahkan anda berkreasi sesuai dengan keinginan anda. Setelah SuperSU terinstal dengan baik maka kreasi mulai bisa dilakukan semial jika anda ingin memperbesar kapasitas penyimpanan memori Smartphone anda sehingga bisa diinstal aplikasi yang lebih banyak maka cukup gunakan link2sd untuk melalukannya atau bisa juga kunjungi halaman berikut untuk melakukannya.

Ingat, handset yang di-root, garansinya batal lho. Jadi, lakukan ini semua dengan resiko anda sendiri. Saya tidak memberikan jaminan apapun. Take it or leave it. Selamat mencoba!

Artikel ini saya copas dari blog tetangga jika menginginkan link sumber aslinya bisa klik gambar yang ada pada halaman ini. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *