Mengatasi Space Hosting yang tiba tiba penuh

| July 24, 2015 | 1 Comment

Hari ini space hosting terlihat penuh padahal jarang update bahkan fungsi email pun juga dinonaktifkan kok space hostingnya jadi penuh yaw? Akhirnya masuk ke halaman admin pasti banyak komentar spam yang masuk!(tebakan dalam hati). Setelah Masuk halaman admin website tidak ada komentar satu pun.

Jangan Panik….!

Jangan lalu berpikiran ada virus yang masuk ke hosting kita, karena setiap hosting sudah memiliki team IT yang hebat hebat dalam masalah perserveran jadi kita percayakan saja kepada mereka.

Jangan Panik….!

Selanjutnya tetap tenang kemudian masuk ke cpanel website anda. Cek dulu melalui cpanel Disk Space Usage Wow ternyata ada pembengkakan di daerah ini sebagai contoh lihat gambar berikut ini.

Mengatasi Space Hosting Tba Tiba Penuh

Mengatasi Space Hosting Tiba Tiba Penuh

Dari gambar tersebut bisa kita lihat ternyata di Email memakan banyak sekali ruang atau space sehingga hosting kita terasa penuh. LOOOHhHH padahal saya tida menggunakan email kok bisa penuh siapa yang megirim email…! Hal ini dikarenakan cron job yang bekerja pada website yang kita bangun selalu memberikan laporan atas apa yang sudah dilakukan melalui email anda.

Untuk Menghapus …!

Langkah seribu berikutnya adalah Delete semua file yang tidak penting di email anda bisa melalui cpanel hosting –> Login –> Pilih Disk Space Usage –> Mail lalu hapus isi folder email seperti cur, new, tmp yang isinya macam macam. Jika langkah ini sudah dilakuakn tetapi kok masih penuh, Masuk ke layanan Mail dari Hosting.

Melalui Layanan Mail Hoting…!

Layanan Mail Hosting melalui CPANEL disana terdapat beberapa tipe mesin [email yang akan digunaan]. Ketika saya mengalami hal serupa saya memilih menggunakan SquirrelMail, untuk penampilan email jumlah inbox yang tampil bisa diatur dari menu options karena banyaknya email saya mengubah nya menampilkan 2000 email sekali tampil, semakin banyak email yang tampil semakin berat akses ke website. Beri centang keseluruhan email dengan klik All kemudian ubah combo box INBOX menjadi Trash klik tombol Move. Lakukan hal ini sampai semua email habis tak tersisa.

Berikutnya…!

Langkah menghapus mail satu satu atau mengguakan waktu ternyata lebih lama tapi mau bagaimana lagi. Inilah langkah terakhir yang penulis ambil kalau ingin cepat tambahkan options penampilan email dihalaman menjadi 10 ribu sehingga akan tampil 10ribu email yang bisa dicentang langsung dihapus.

Setelah itu anda bisa mengatur penggunaan cron job apakah diperlukan atau tidak karena saya juga belum bisa mengerti manfaat dari cron job.

 

 

Artikel Mengatasi Space Hosting yang tiba tiba penuh

ditulis oleh :

Kata Kunci : ,

Kelompok Artikel: Info

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. belajar bisnis online pemula says:

    Mantap pak artikelnya, kebetulan saya lagi menghadapi masalah seperti yang di tulis di artikel ini, dan alhamdhulillah sekarang sudah selesai..makasih sekali lagi pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *