Materi Pemrograman Web Pertemuan 1 – 2

| August 14, 2014 | 4 Comments
pemrograman web

pemrograman web

Materi kali ini merupakan Materi Pemrograman Web Kelas X Kurikulum 2013 untuk Semester satu KD 1 yaitu 3.1. Memahami konsep teknologi aplikasi web 4.1. Menyajikan pelbagai teknologi pengembangan aplikasi web, dengan Materi Pokok Teknologi Aplikasi Web dan Sub Materi :

  1. Profesi dalam pengembangan aplikasi web
  2. Sejarah dan cara kerja web
  3. Alur pengembangan aplikasi web
  4. Perangkat pengembangan aplikasi web

Sesuai dengan Promes dan RPP Pemrograman Web yang sudah disusun Materi Pemrograman Web ini disampaikan sebanyak 2 kali pertemuan dengan masing-masing 4 jam Tatap Muka.

PROFESI PENGEMBANG WEBSITE

Tumbuhnya internet makin lama makin sangat diperlukan oleh segala lapisan masyarakat, mulai dari kalangan pelajar sampai kepada kalangan bisnis. Dengan adanya World Wide Web membuat dunia informasi semakin diminati dan dirasakan kegunaannya, dimulai dari penayangan profil hingga ke jalur transaksi sudah banyak dilakukan melalui web di masing-masing situs milik masing-masing. Kebutuhan seperti ini menimbulkan banyak profesi-profesi baru didalam dunia internet, diantarnya :

– Web Designer

– Web Programmer

– Web Administrator

– Web Master

– Web Developer


Web Designer

Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dsb. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :

– HTML, DHTML

– Pengolah Gambar

– Animasi, Movie (Film)

Gaji yang bisa didapat : Rp. 1.500.000 – Rp. 4.000.000


Web Programmer

Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :

– CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)

– ASP (NT base)

– Java Script dan Applet

Gaji yang bisa didapat : Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000

Web Administrator

Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :

– OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)

– OS NT

– Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

– Keamanan Server

Gaji yang bisa didapat : Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000


Web Master

Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :

– HTML, DHTML

– CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java

– Penguasaan bermacam OS (Operating System)

– Keamanan Server

– Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

Gaji yang bisa didapat : Rp. 3.500.000 – Rp. 7.000.000


Web Developer

Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer.

SEJARAH WEBSITE

Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.

Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

Situs Web

Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs
adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Situs Web Statis

Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis:

  • Editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
  • Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
  • Editor berbasis templat, beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.

Situs Web Dinamis

Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

Tidak seperti halnya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umumnya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.

Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah
bahasa skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.

Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.

Organisasi ICANN

Singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September
1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

CARA KERJA WEBSITE

Bagaimana cara kerja website? Cara kerja website pada dasarnya yaitu input, proses dan output. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya. Sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Semua website pasti mempunyai domain dan web server. Domain bisa kita analogikan sebagai alamat rumah, sedangkan web server sebagai rumah untuk menyimpan berbagai perabotan rumah tangga.

Bagaimana cara website bekerja?

  1. Pertama, misal Anda ingin mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.
  2. Tentunya Anda terlebih dahulu akan menjalankan aplikasi web browser baik itu Internet Explorer, Mozilla, Chrome, Opera, dan lain sebagainya yang telah terkoneksi internet.
  3. Anda lalu mengetikan URL (Uniform Resource Locator) atau domain di web browser, misal www.google.com atau google.com.
  4. Nah pada saat itu domain yang Anda ketikkan tersebut perlu diterjemahkan menjadi alamat IP karena komputer Anda sebenarnya hanya bisa mengakses alamat IP. Tugas penerjemahan ini dilakukan oleh Domain Name System (DNS), karena itu komputer Anda akan meminta bantuan DNS server yang terdaftar untuk menerjemahkan nama domain tersebut. DNS server menemukan alamat google.com dan memberikan alamat IP-nya kepada browser Anda. Browser Anda segera menuju server dengan alamat IP yang didapatkan dari DNS server dan meminta halaman yang tersedia didalam web server tersebut.
  5. Setelah web server menerima permintaan (request), web server lalu akan memprosesnya (process) dan memberikan hasil data (output). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi gambar cara kerja website di bawah ini.

 

 


 

Perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.

Konten

Elemen-elemen seperti teks, forms, images (GIFs, JPEGs, Portable Network Graphics) dan video dapat diletakkan di dalam halaman menggunakan tag-tag HTML/XHTML/XML. Browser terkadang juga memerlukan Plug-ins seperti Adobe Flash, QuickTime, Java, dan sebagainya untuk menampilkan beberapa media yang diletakkan di dalam halaman web menggunakan tag-tag HTML/XHTML.

Halaman web dan situs web dapat berupa halaman statis, atau dapat diprogram secara dinamis sehingga menghasilkan halaman web dengan konten atau tampilan visual yang diinginkan, tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir, masukan dari Webmaster, atau perubahan dalam lingkungan komputasi (seperti situs yang terkait dengan database yang telah diubah).

  • Bahasa Mark-up (seperti HTML, XHTML dan XML)
  • Gaya lembar bahasa (seperti CSS dan XSL)
  • Client-side scripting (seperti JavaScript dan VBScript)
  • Server-side scripting (seperti PHP dan ASP)
  • Teknologi database (seperti MySQL dan PostgreSQL)
  • Teknologi multimedia (seperti Flash dan Silverlight)

 

PERANCANG WEB

Perancang web atau desainer web (web designer) adalah orang yang memiliki keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi
internet, Microblogging, RSS, dan sebagainya.

Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan bidang teknologi informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara web design khusus untuk halaman web dan pengembangan web secara keseluruhan dari semua layanan berbasis web.

 

Layanan hos internet adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Peladen hos terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan host yaitu hos berbagi, server dedikasi, VPS, dan server kolokasi.

 

Hos berbagi

Hos berbagi adalah layanan hos di mana sebuah akun hos ditaruh bersama-sama beberapa akun hos lain dalam satu server yang sama, dan memakai pelayanan bersama-sama.

Server Dedikasi dan VPS

Server terdedikasi adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam hos berbagi atau VPS. Server-server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.

Server maya terdedikasi (VPS), server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan

Kolokasi

Kolokasi adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server-server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, server VPN dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.

Server kolokasi

Server kolokasi adalah server yang dititipkan disuatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, dan pendingin ruangan, dan rack tempat meletakkan server. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan. Pelanggan tidak diharuskan menyewa server pada penyedia jasa internet.

 

ALUR PROSES PEMBUATAN WEBSITE

 

 


LANGKAH DAN ALUR STRUKTUR PEMBUATAN WEBSITE

Dalam membuat perencanaan, seseorang biasanya melalui tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dan memfokuskan segala ide yang ada agar lebih teratur. Setiap desainer Web memang memiliki kebebasan bagaimana ia akan membangun sebuah halaman Web, sebenarnya, yang diinginkan oleh klien adalah hasil akhir, mereka tidak peduli sama sekali akan proses pembuatan situs Web tersebut.

Sadar atau tidak, diketahui atau tidak, kebanyakan desainer Web secara Alami melalui tahapan ini ketika membangun desain Web, saya pun demikian. Namun karena ketidak-tahuan tersebut, kita tidak terpaku pada alur, terkadang sering juga melompat-lompat. Tahap-tahap tersebut adalah:

1. HEADING DENGAN LOGO DAN TITEL

Hal pertama yang Anda bangun adalah Heading dengan Logo dan Titel. Secara umum bagian header akan sangat menentukan Look and Feel dari sebuah situs Web. Terlebih bila logo sudah ditetapkan sebelumnya (sudah ada) tentunya Anda tak ingin tampilan kacau gara-gara logo tidak sesuai dengan desain bukan? Ok, kita ambil kasus desain Web sebuah organisasi exportir-importir yang baru-baru ini saya kerjakan. Organisasi tersebut memiliki logo yang sangat sederhana.

2. TATA LETAK DASAR HALAMAN

Kemudian kita berlanjut kepada tataletak dasar dari situs Web tersebut. Tata letak ini lah saatnya kita mengembangkan daya khayal, pikiran, dan kreasi mengenai apa yang telah kita tetapkan dalam sketsa kertas, yang sebagian telah kita tuangkan dalam header. Pada bagian ini, kita mulai menentukan kolom-kolom yang akan kita pergunakan. Anda dapat mempergunakan garis guides untuk membantu menandai area satu dengan yang lainnya.

3. NAVIGASI

Navigasi adalah hal yang harus dipikirkan kemudian setelah tataletak di tentukan. Dala menentukan navigasi ini, Anda harus berpikir ekstra, karena navigasi yang baik tidak hanya eye-catching dan mudah dikenali, tapi juga harus mudah dibaca dan diakses.

4. GRAFIS

Setelah bingung berpikir menentukan heading, dan navigasi, saatnya kita melangkah kepada hal yang lebih menuntut kreatifitas dan daya khayal kita. Grafis disini adalah pengolahan dari foto yang sudah ada agar sesuai dengan tataletak yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam membuat situs profil, grafis ini merupakan bagian yang paling eye-catching, jadi kerahkan ide yang ada agar dapat mendongkrak tampilan secara keseluruhan.

5. KONTEN, HEADING DAN FORM

Pada tahap ini, biasanya saya memerlukan waktu lebih lama untuk mendesain, terkadang sampai satu hari penuh, 2 hari atau 3 hari. Masukan konten-konten yang akan mengisi halaman Web, tentukan juga dimana harus meletakan form. Pertimbangan dan feeling Anda akan estetika, tipografi, dan whitespace s angat diperlukan disini. Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.

6. FOOTER DAN COPYRIGHT

Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.

Apa Itu Web Desain

Berawal dari pertemuan dengan seorang teman lama, yang kebetulan bergerak dalam bisnis desain grafis atau cetak, dia mengutarakan ketertarikannya untuk menjadi seorang web designer, tanpa mengetahui dari mana dia harus belajar untuk menjadi seorang web desainer dan apa sebenarnya web desain itu sendiri..

Apa sih sebenarnya web desain dan apa itu web desainer?

Pada beberapa glossary yang saya temukan di internet, web desain di deskripsikan

Web desain adalah sebuah seni dan proses penciptaan sebuah halaman web dan atau situs secara keseluruhan, termasuk didalamnya segi estetika dan mekanisme situs, walau secara umumnya terfokus pada “Look and Feel” dari ebuah situs.

Adalah menjadi tugas seorang web desainer untuk menentukan aspek aspek desain dan mekanisme sebuah situs, mulai dari penentuan warna dasar, tata letak situs, pemilihan font dsb. Bahkan sampai pemilihan bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk menciptakan sebuah situs yang telah di rancang.

Tidaklah mudah untuk menciptakan sebuah situs yang bagus dan sesuai dengan keinginan customer kita, dalam proses pembuatan situs  sering kali  seorang desainer di hadapkan pada permasalahan loading time yang lambat, web safe color, bahkan sampai ke komptabilitas di browser.

Warna Dalam Desain Web

Begitu pentingnya pemilihan warna dalam sebuah proses desain web. anda tentu akan merasa tidak nyaman jika mengunjungi sebuah situs bertemakan daun teh, tapi ditampilkan dengan warna hitam dan merah.

Ada tiga pilihan jenis situs bagi pengiklan untuk memasarkan produknya:

  1. situs bertujuan (destiniation sites), yang menggunakan informasi, hiburan, dan barang-barang produksi bernilai tinggi untuk meraih user dan membawa mereka kembali;
  2. situs mikro (micro-sites), sebuah kanal kecil yang terdapat di situs atau jaringan tempat kita beriklan;
  3. kampanye banner (banner campaign) dan web advertising berbiaya rendah lainnya seperti sponsorhip. Produk yang dapat dijual secara online dan mudah dikiirim, atau dapat dikirim secara digital seperti musik, tiket, buku dan software, dapat menggunakan situs bertujuan (destination sites). Hal ini untuk mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan brand awareness dan dukungan purna jual. Tetapi bila Internet tidak memungkinkan perusahaan Anda menawarkan produk dengan lebih cepat, lebih murah atau lebih baik, sebaiknya Anda tidak memilih situs bertujuan.

Kemudian, penjualan produk yang kompleks seperti komputer, mobil, dan hasil-hasil industri lainnya dapat menggunakan situs Web untuk menghemat biaya, dan juga menyediakan layanan untuk menerangkan detail spesifikasi, konfigurasi, dan memperoleh dukungan produk secara online.

Situs Bertujuan (Destination Sites)

Situs bertujuan merupakan pilihan bijak jika perusahaan berniat menggunakan Internet sebagai sarana full-fledge, untuk pertukaran informasi dengan pelanggan, seperti dalam penjualan buku. Pengiklan yang akan membangun destination sites harus memiliki pengalaman yang matang. Sebuah perusahaan bisa membelanjakan miliaran rupiah untuk membangun sebuah destination sites dan lebih banyak lagi untuk biaya pemeliharaannya. Sebuah situs yang tanggung (half-baked), hanya akan menghancurkan merek. Jangan anggap remeh jumlah interaksi dengan pelanggan yang terjadi. Anda harus memiliki tim customer service untuk menjawab seluruh e-mail yang masuk selama tujuh hari dalam seminggu.

Kedua, lisensi, bukan isi. Kebenaran isi menunjukkan citra pengiklan yang sesungguhnya. Ketika Toyota pertama kali berkecimpung dalam Web, mereka menciptakan tujuh majalah lifestyle yang berbeda. Sekarang, hanya “Car Culture” yang diingat dan besar kemungkinan menjadi penerbitan kendaraan besar. Hal ini mengajarkan bahwa isi haruslah berkaitan dengan jenis usaha.

Ketiga, promosi. Setiap kali situs baru diluncurkan, perusahaan harus mempromosikannya. Perusahaan yang bijak akan mengalokasikan setidaknya 20 persen dari keseluruhan dana interaktif mereka untuk mempromosikan situs online-nya. Perusahaan juga dapat mencantumkan alamat situs dalam iklan media cetak maupun televisi, kemasan produk dan lain-lain. Bisa juga digunakan pencantuman dalam search engine dan trading link dengan situs lain.

Situs Mikro (Micro-Sites)

Situs mikro memungkinkan pengiklan mengkomunikasikan keuntungan produk lebih mendalam dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan tanpa mengeluarkan biaya sebagaimana situs Web yang full-blown. Bagi para pengiklan yang menawarkan produk seperti busana dan alat-alat rumah tangga harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Menempatkan situs mikro di mana khalayak berada. Konon tiga juta dollar AS dibelanjakan Levi’s untuk menempatkan situs mikronya pada semua situs-situs anak muda ternama selama berbulan-bulan. Perusahaan alat-alat rumah tangga seperti Whirpool harus melekatkan produk-produk terpilihnya di berbagai situs seperti remodeling.hw.net.

2. Petunjuk pemeliharaan merupakan bagian periklanan. Penyamaran kandungan komersial seperti dikemukakan dalam tajuk rencana alam mengurangi atau merusak kepercayaan terhadap citra merek yang ingin dibangun.

Banner

Kebanyakan perusahaan yang memasarkan barang-barang kebutuhan konsumen (consumer goods) harus menggunakan sumber daya mereka untuk membangun banner interaktif. Banner harus bisa mengundang orang yang melihatnya untuk mengkliknya, mendaftarkan diri untuk jadi pemenang (bila ada undian dan sejenisnya), dan memesan produk yang ditawarkan. Itu yang pertama.

Kedua, mensponsori isi atau rubrik yang tepat. Bahkan, merek “Tide” milik P&G harus mencari cara untuk mensponsori jadwal online setiap Little League di negara-negara bagian. Sebuah logo dan positioning yang tepat, cukup untuk membuat sebuah impresi.

Ketiga, pemeliharaan situs korporasi. Perusahaan butuh berhadapan dengan publik yang menggunakan mesin pencari (search engine) dan melayani hubungan dengan investor (investor relations) dan kelompok-kelompok perekrutan (recruiting groups). Tetapi merek-merek yang telah dikenal luas sebaiknya jangan melumuri situsnya dengan informasi produk. Tabung saja buat berbagai kampanye kreatif.

MEMBANGUN SITUS WEB

Salah satu persoalan yang segera menghadang di depan Anda ketika akan memulai bisnis E-Commerce adalah persoalan sumber daya. Ya, Anda butuh membangun situs sebagai basis bisnis Anda. Untuk itu, Anda mau tidak mau harus merekrut tenaga-tenaga baru untuk membangun situs Web bisnis Anda, lengkap dengan peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Ini berarti Anda harus menyediakan modal khusus yang tidak sedikit, mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi, Anda harus menyediakan pelayanan terhadap pelanggan (customer service), termasuk pelayanan purna jual.

Jangan berkecil hati. Masih ada cara lain yang bisa Anda tempuh tanpa harus kehilangan lebih banyak uang dan pelanggan potensial. Anda bisa menghubungi situs Web yang menyediakan jasa bisnis online, mulai dari pembangunan situs sampai penjualan produk dan jasa.

Resep Sukses Penjualan Online

Membeli barang secara online di Internet tidak seperti membeli barang di toko biasa. Anda tidak pernah melihat produk atau mencobanya. Tidak juga bisa berbicara pada siapa pun yang menjualnya. Seolah-olah Anda hanya mengirimkan order pemesanan ke cyberspace dan mengharapkan yang terbaik.

Kemungkinan Anda bisa mendapatkan barang pada esok harinya atau mendapatkan e-mail yang berbunyi, “Maaf, barang yang Anda pesan tidak tersedia. Hal-hal seperti inilah yang masih meragukan konsumen ketika berbelanja secara online. Untuk mengatasinya, Anda sebagai merchant harus bisa menumbuhkan rasa percaya di benak konsumen.

Berikut adalah rahasia sukses yang membuat situs lain sukses dan menjadi besar. Jika Anda ingin sukses, Anda harus melakukan segala sesuatu yang tertulis di bawah ini. Anda mungkin berpikir begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Namun ini adalah hal yang wajar. Saya akan merasa curiga bila ada nasihat sukses bisnis di Internet yang tidak melibatkan banyak pekerjaan. Tapi orang yang sukses di bisnis online, bukanlah tipe yang senang membuang-buang waktu mereka. Jika mereka melakukan sesuatu, maka hal ini benar-benar suatu yang harus dilakukan untuk sukses.

Metodologi Pengembangan Aplikasi Web

Metodologi adalah cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kata metodologi banyak digunakan dalam manajemen proyek. Karena kesuksesan proyek juga ditentukan oleh pemilihan metodologi yang akan digunakan dalam proyek itu. Demikian juga dalam proyek pengembangan aplikasi website kita memerlukan metodologi yang tepat agar dapat menghasilkan aplikasi web sesuai yang diinginkan.

Berikut adalah metodologi pengembangan web yang biasa saya gunakan:

  • Fase requirement, pada fase ini saya mencoba mencari tahu beberapa pertanyaan berikut:
    • apa yang dibutuhkan?
    • apa tujuan dari aplikasi ini?
    • apa yang ingin dicapai?
    • apakah ada referensi atau contoh?
    • siapa sasaran penggunaan aplikasi ini?

Setelah memperoleh jawaban dari pertanyaan itu maka saya baru memulai fase berikutnya.

  1. Fase penentuan feature dan fungsi, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan dari aplikasi maka saya menentukan feature dan fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Feature dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya pada aplikasi CMS salah satu feature utama adalah blog, kemudian feature blog didefenisikan seperti feature tagging, category, comment, dsb. Pada tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
  2. Fase pengumpulan data, konten, gambar, dan file lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan daftar feature dan fungsi yang akan dikembangkan maka saya akan mengumpulkan data-data dan file yang diperlukan untuk feature dan fungsi tersebut.
  3. Fase analisa dan perancangan, pada tahapan ini saya mencoba menganalisa data yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan. Misalnya berdasarkan feature yang ada maka saya merancang tabel database yang dibutuhkan oleh tiap feature. Berdasarkan konten dan data  yang ada saya juga melakukan perancangan tampilan aplikasi. Selain itu saya juga menyusun struktur aplikasi seperti menu, sitemap, dsb.
  4. Fase coding, pada tahapan ini saya memulai menulis kode program. Biasanya dimulai dengan mengubah template dari file image Firework ke html. Setelah itu membuat kerangka aplikasi seperti struktur folder dan file dan memulai pengembangan fungsi untuk tiap feature.
  5. Fase setup and testing, pada tahapan ini saya melakukan setup di server dimana aplikasi web nanti akan akan dijalankan. Tentu setelah melakukan testing di komputer lokal terlebih dahulu dan memastikan bahwa semua fungsi berjalan baik. Pada server juga akan dilakukan testing untuk memastikan aplikasi dapat berjalan baik pada server tersebut. Pada tahapan ini juga akan dilakukan beta test dimana beberapa orang akan mencoba menggunakan aplikasi dan memberikan komentar atau feedback terkait dengan fungsi aplikasi.
  6. Fase launching, pada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada server maka saya akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya. Beberapa diantaranya adalah melakukan posting di forum, aplikasi social network seperti facebook, membuat posting di blog, dan sosialisasi lainnya.

TOOLS UNTUK PENGEMBANGAN WEB

Tools atau peralatan dalam mengembangkan aplikasi merupakan bagian penting karena akan sangat membantu dan mempersingkat proses pengembagan. Tools atau peralatan yang dimaksud disini adalah perangkat lunak yang atau software digunakan dalam proses pengembangan website. Pemilihan tools yang tepat tentu memberi keuntungan bagi developer karena selain menghemat waktu dan tenaga tentu klien juga akan lebih puas karena proyek bisa beres lebih cepat. Untuk itu tulisan ini akan mengulas tools yang digunakan dalam proses pengembangan dari design hingga implementasi.

Alat Desain

Pada tahap perancangan mengenai bagaimana website akan dibuat biasanya termasuk perancangan tampilan, dan struktur database. Perancangan disini tidak termasuk perancangan bisnis proses atau fungsi dari website tersebut karena biasanya bisnis proses saya cuma menggunakan kertas dan menulis alur atau proses dari fungsi website tersebut.

 

Perancangan tampilan dengan Adobe Firework (komersil)


Perancangan tampilan biasanya saya menggunakan Adobe Firework dibandingkan menggunakan Adobe Photoshop. Kenapa? karena Adobe Firework memiliki tampilan dan tools yang memang disiapkan untuk prototyping tampilan website. Tersedianya komponen seperti input box, drop down, check list, dan komponen form web lainnya memudahkan kita untuk membuat prototype halaman website. Selain itu Adobe Firework juga memilki akses cepat ke filter dan efek Photoshop yang lazim digunakan pada grafis web seperti gradient dan shadow. Dan yang paling penting adalah kemudahan memotong atau slicing pada Adobe Firework membuat kita dapat dengan cepat mengubah hasil rancangan tampilan dari grafik menjadi HTML.

Perancangan Database

PhpMyAdmin (gratis) dan Sequel Pro (gratis)


Biasanya untuk aplikasi web yang tinggal implementasi seperti WordPress tidak memerlukan perancangan database. Tapi untuk aplikasi web yang dibangun dari awal akan memerlukan perancangan tabel-tabel yang diperlukan pada database. Biasanya saya menulis di kertas tabel dan kolom apa saja yang diperlukan dalam aplikasi web saya. Setelah itu baru dibuat tabelnya pada database. Pada pembuatan saya biasanya menggunakan Sequel Pro namun aplikasi ini hanya tersedia di platform Mac. Tampilannya yang sederhana membuat saya lebih cepat membuat tabel-tabel yang diperlukan yang sebelumnya telah dirancang sebelumnya.

Selain itu Sequel Pro juga melakukan perubahan langsung pada database tanpa menekan tombol save atau semacamnya. Jadi perubahan yang anda lakukan pada database akan berdampak langsung pada database sehingga bisa mempersingkat waktu. Namun bila anda bekerja di platform lain selain Mac anda bisa juga menggunakan PhpMyAdmin yang biasanya sudah di paket dengan aplikasi web server untuk pengembangan. Bila tidak anda bisa dengan mudah mendownload dan memasangnya pada web server anda. Fitur PhpMyAdmin yang lengkap dan powerfull membuat anda dengan mudah melakukan sebagian besar fungsi database dengan aplikasi ini. Terkadang saya juga menggunakan PhpMyAdmin karena adanya keterbatasan pada Sequel Pro.

Penulisan kode program


NetBeans PHP (gratis), NotePad++ (gratis), dan Smultron (gratis)

Untuk penulisan  kode program saya menggunakan IDE(Integreted Development Environtment) NetBeans yang tersedia gratis di semua platform. Aplikasi berbasis Java ini menurut saya sangat powerfull untuk pengembangan aplikasi PHP. Setelah mencoba beberapa IDE lainnya saya tidak bisa menemukan ada yang bisa mengalahkan NetBeans dari sisi fungsionalitas. Karena berbasis Java dan bukan aplikasi native Mac maka tentu dari segi tampilan masih kalah dari aplikasi Mac seperti Coda atau Espresso. Namun fitur auto complete-nya yang sangat powerfull benar-benar mempersingkat penulisan kode program. Dengan mudah anda dapat meng-import framework apa saja yang anda gunakan  dan NetBeans akan membuat auto complete fungsi-fungsi yang tersedia pada framework tersebut secara otomatis. Namun terkadang bila saya hanya perlu melakukan perubahan kecil pada satu file maka biasanya saya menggunakan code editor ringan seperti Smultron (pada Mac) atau Notepad++( dulu pada saat saya masih menggunakan Windows). Kedua code editor ini cukup cepat membuka file yang diperlukan tanpa meload semua komponen seperti NetBeans.

Testing dan Client Debugging


Firebug pada Firefox(gratis), dan BrowserShots(gratis)

Setelah aplikasi web selesai saatnya melakukan pengujian yang dimaksud disini adalah pengujian tampilan dan interaksi. Untuk pengujian fungsi biasanya saya langsung mencobanya dan melihat secara langsung apakah hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Pada pengujian tampilan biasanya saya cukup menggunakan Firefox dilengkapi dengan add on Firebug. Firebug merupakan add on untuk melakukan client debugging pada website baik pada CSS ataupun Javascript. Dengan Firebug maka kita dapat dengan mudah melihat kode css yang berefek langsung pada tampilan dan mana yang tidak. Dengan mudah kita dapat melakukan perubahan pada HTML dan CSS yang langsung berefek langsung pada tampilan web tanpa perlu direfresh. Selain itu kita dengan mudah melakukan debugging pada kode Javascript misalnya melihat input ouput dari fungsi AJAX pada aplikasi kita atau apakah ada kode yang error pada saat kode Javascript dieksekusi. Setelah memastikan semuanya berjalan baik pada tahapan akhir saya melakukan pengujian tampilan untuk memastikan website terlihat baik di semua tipe browser. Dengan aplikasi online di http://browsershots.org/ maka kita dapat melihat hasil screenshot dari website kita pada beragam tipe browser. Aplikasi ini mengijinkan kita memilih pada browser apa saja website kita ingin diuji. Hasilnya kita dapat dilihat dalam beberapa menit kemudian tanpa perlu menginstall beragam browser di komputer.

Implementasi website pada webserver


MAMP (gratis), dan XAMPP (gratis)

Untuk menjalankan aplikasi website kita memerlukan web server. Pada platform Mac kita dapat menggunakan versi komunitas dari MAMP untuk pengembangan. MAMP merupakan paketan dari web server Apache, PHP, dan database MySQL. Sedangkan untuk paketan yang sama pada Windows anda dapat menggunakan XAMPP. Fungsi keduanya sama yaitu menyediakan webs server yang dengan mudah diinstall pada komputer anda tanpa perlukan melakukan instalasi satu persatu komponen dari web server. Dengan demikian anda dapat memastikan aplikasi web anda berjalan dengan baik sebelum melakukan implementasi pada server online anda di internet.

Itulah beberapa tools atau perangkat lunak yang saya gunakan dalam pengembangan aplikasi web sehari-hari. Terlepas dari aplikasi komersil atau gratis, aplikasi diatas telah membuat proses pengembangan aplikasi web bagi saya menjadi lebih cepat dan mudah. Bagaimana dengan anda? Mungkin anda mau berbagi tools atau perangkat yang anda gunakan dalam pekerjaan anda sehari-hari

Hosting adalah layanan dimana satu komputer dikonfigurasi sebagai server Internet yang menawarkan untuk digunakan dalam pertukaran data dengan biaya sewa tertentu. Berkat layanan ini, satu atau lebih pengguna dapat menggunakan informasi, layanan atau konten yang terletak di server ini menggunakan komputer lain yang disebut Client.

Klien menggunakan Internet untuk terhubung dengan server dan menampilkan konten yang diinginkan kepada pengguna. Apa jenis layanan hosting yang kita ketahui? Tergantung pada jenis sumber daya yang ditawarkan oleh server Internet, ada berbagai macam layanan hosting, yang paling populer dan banyak digunakan adalah: Web Hosting adalah layanan hosting yang paling luas. Hal ini memungkinkan website Anda untuk penilaian di Internet 24 jam sehari, 365 hari setahun. Website itu sendiri berada dalam server web yang terletak di pusat data khusus. Web server menawarkan konektivitas internet , satu set tertentu dari paket software, yang menawarkan layanan tambahan seperti e-mail, ftp, database, serta fitur tambahan untuk memanfaatkan bahasa pemrograman yang berbeda seperti: perl, php, java, xhtml, html dan lain-lain. File Hosting adalah hampir sama dengan web hosting. Perbedaannya adalah bahwa server ini menyimpan file, bukan situs web dan aplikasi web. Beberapa keuntungan dari hosting file adalah penyimpanan informasi dan aksesibilitas di Internet semua komputer dengan kecepatan transfer yang memadai. Hal ini paling sering digunakan untuk menyimpan dan pengarsipan sejumlah besar data sehingga mereka dapat diakses dari berbagai belahan dunia. Perusahaan besar yang terdiri dari banyak cabang sering biasanya menggunakan hosting jenis ini. Image Hosting adalah jasa hosting file dimana hanya file gambar yang disimpan di server khusus. Hal ini memungkinkan untuk berbagi mudah dan tak terbatas gambar, grafik dan bahan lainnya, yang dapat dengan mudah digunakan misalnya di berbagai forum online, platform e-commerce, dll, yang biasanya tidak memperbolehkan membernya untuk meng-upload gambar dan foto ukuran dan resolusi yang sangat besar karena alasan bandtwidth. E-Mail Hosting adalah jenis hosting khusus dalam menawarkan layanan email. Jenis hosting biasanya ditawarkan bersama dengan web hosting atau setidaknya dengan domain hosting, dan memungkinkan untuk penciptaan alamat e-mail dari jenis mail@domain.com. Klien dari layanan e-mail hosting juga mendapatkan kotak surat ukuran besar dan kemungkinan untuk mengirim banyak e-mail setiap hari. Kebanyakan penyedia layanan e-mail menawarkan akses ke kotak surat tidak hanya melalui antarmuka web, tetapi juga melalui POP3 dan IMAP protokol, yang membuat layanan dapat diakses baik melalui web browser dan perangkat lunak klien e-mail khusus. Ditinjau dari account pengguna server host yang diberikan, hosting dapat dibagi menjadi: Shared web hosting adalah jenis paling populer dari web hosting. Hal ini disebut “shared” karena banyak aplikasi web yang berbeda (paling sering website) disimpan pada satu server fisik tunggal dan dengan demikian berbagi sumber daya. Sebuah account terpisah dengan parameter tertentu (ruang disk, lalu lintas, jumlah database, dll) dan panel kontrol administrasi rekening berbasis web ditugaskan untuk setiap pengguna. Akun ini dikelola sepenuhnya oleh pengguna melalui panel kontrol antarmuka berbasis web, yang memberikan bahkan pemula akses cepat dan kontrol penuh atas account mereka. Karena sifat dari layanan web shared hosting, sangat cocok untuk website terlalu berat dimuat lebih kecil dan tidak.Semi dedicated hosting adalah jenis layanan hosting, yang hampir mirip dengan “shared” daripada untuk “dedicated” hosting, dimana server dikonfigurasi sehingga untuk host website lebih sedikit tetapi lebih banyak kelebihan dalam hal bandwidth. Seperti dengan layanan shared hosting, pengguna juga memiliki account terpisah namun parameter mereka lebih besar daripada yang ditawarkan oleh layanan shared hosting. Dedicated hosting Berbeda dengan shared hosting, dedicated hosting berarti bahwa klien aplikasi tidak berbagi sumber daya server dengan pengguna lain. Selain itu, server menggunakan bandwidth yang bisa digunakan untuk tujuan sendiri. Dengan demikian, aplikasi yang diberikan menggunakan sumber daya perangkat keras seluruh server di mana ia berada, pengaturan sistem yang sepenuhnya konsisten dengan dan dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan, dan pengguna memiliki kontrol penuh atas server. Sistem operasi yang paling sering dipasang adalah Linux, FreeBSD dan Windows. Jenis hosting dimaksudkan untuk website dan aplikasi web, yang menghasilkan beban hardware besar, dan tidak ada di shared hosting. Dedicated hosting biasanya direkomendasikan sebagai solusi untuk situs yang mendaftar lebih dari 15.000 kunjungan per hari, untuk toko-toko besar secara online dan portal, game online populer, dll. Virtual Server adalah pilihan, yang berdiri di suatu tempat antara “shared” dan “dedicated” hosting. Di sini, satu server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual independen. Pada dasarnya, setiap server virtual tersebut dapat dipandang sebagai sesuatu yang “dedicated”, karena sistem operasi terpisah yang sedang diinstal di atasnya sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang mengambil aplikasi dari satu klien tertentu saja. Potongan-potongan yang paling umum digunakan perangkat lunak server virtualisasi VMware adalah, FreeVPS, mode pengguna Linux, Virtuozzo, dll pengaturan server yang dioptimalkan untuk bekerja dengan masing-masing dan sumber daya yang dapat digunakan jauh lebih daripada yang ditawarkan oleh shared hosting. Direkomendasikan untuk situs web dan aplikasi, yang memerlukan pengaturan sistem operasi tertentu, dan yang menghasilkan beban server besar.

Agar sebuah situs dapat bertumbuh dengan baik, diperlukan sebuah habitat (hosting) yang baik juga dimana situs itu akan berkembang. Ada banyak kriteria penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih sebuah Web Hosting Server yang baik. Keamanan, Kecepatan, Keandalan adalah faktor mutlak yang harus dimiliki sebuah hosting server. Kemudian Support yang prima dari Hosting Provider juga merupakan kriteria penting lainnya yang harus anda dapatkan. Dengan mencari Web Hosting yang memenuhi kriteria diatas, sangat membantu anda bila kelak terjadi masalah yang berhubungan dengan hosting server.  Setelah mendapatkan web hosting yang baik selanjutnya adalah memilih Jenis Paket Layanan Web Hosting yang sesuai dengan kebutuhan situs anda. Berikut jenis layanan Web Hosting yang umum ditawarkan oleh Hosting Provider dan akan sering anda jumpai

Free Hosting / Web Hosting Gratis

Diluar sana terdapat banyak layanan Web Hosting Gratis, tetapi biasanya jenis hosting seperti ini tidaklah benar-benar gratis. Ada ‘balasan jasa’ yang harus anda ‘bayar’ ketika anda memakai hosting gratis tersebut, diantaranya adalah memperbolehkan iklan mereka tayang di situsmu, atau sebuah link/tautan dipasang di bagian footer situs anda, atau pembatasan fitur dengan opsi upgrade, dsb. Belum lagi semua Database situsmua adalah milik mereka, artinya, kapan saja mereka bisa stop memberikan pelayanan tanpa perlu persetujuan atau penjelasan kepada anda. Sehingga jenis layanan Free Hosting biasanya sangat tidak bisa diandalkan, bila anda ingin menjalankan sebuah website bisnis serius.

Free Hosting / Web Hosting Gratis biasanya dijalankan oleh individu yang memiliki kapasitas hosting berlebih, yang kemudian dimanfaatkan dengan cara meyewakannya kembali kepada orang lain untuk menutup biaya servernya sendiri. Penawaran layanan hosting gratis seperti ini mudah ditemukan di forum-forum besar atau bahkan berbentuk situs penawaran hosting gratis.

Jika anda serius dengan bisnis online anda maka sebaiknya hindari memakai Free Hosting / Hosting Gratis.

 

Shared Hosting / Web Hosting Berbagi

Shared Hosting adalah jenis pelayanan server hosting yang paling banyak dipakai saat ini, baik oleh para pemula maupun para veteran disaat situs mereka masih kecil. Alasannya simpel, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya besar disaat situs masih kecil. Dengan harga sekitar Rp.200.000-Rp.600.000/tahun (tergantung paket dan biasanya sudah termasuk harga Domain) anda telah dapat memiliki sebuah shared hosting yang handal dan berkualitas.

Shared Hosting Server atau Server Hosting Berbagi adalah tempat dimana situsmu bersama-sama dengan situs-situs milik orang lain berbagi menggunakan sebuah Server besar. Dengan cara menempatkan banyak situs ke dalam sebuah server besar, perusahaan Hosting Provider dapat memberikan layanan jasa hosting yang lebih murah kepada pelanggannya. Tetapi cara ini bukannya tanpa kelemahan, yaitu anda harus berbagi sumber daya server bersama dengan situs orang lain juga. Sehingga tidak ada yang namanya sumber daya ‘Unlimited’ (Unlimited Resource) seperti yang sering anda lihat di kebanyakan iklan dan daftar pelayanan Hosting Provider terkenal seperti Hostgator, Godaddy, BlueHost, Idwebhost dll. Kata ‘unlimited’ disini hanya trik marketing saja.

Mengapa seperti itu? karena sama seperti komputer rumah atau laptop anda, setiap Server ada batas kemampuannya. Walaupun sumber daya sebuah server jauh diatas komputer rumah, tetap saja suatu saat limit itu akan tercapai jika semua sumber dayanya telah terpakai. Diantara banyak faktor-faktor lain, lalu lintas/traffic situs yang besar adalah salah satu faktor yang berpotensi membebani sebuah server. Jika hal ini terjadi maka biasanya Hosting Provider akan ‘memaksa’ secara halus agar segera meng-upgrade web hosting ke paket yang lebih tinggi. Karena jika tidak, kinerja situs tadi bisa mengganggu keseluruhan kinerja dari situs-situs lain yang bertempat di Shared Hosting Server tersebut.

Terlepas dari semua itu, Shared Hosting adalah yang paling banyak dipakai karena prinsip ekonominya. Yaitu ketika situsmu masih kecil anda perlu menekan biaya pengeluaran dengan menggunakan layanan paket shared hosting murah untuk menekan biaya diawal. Kemudian sebanding dengan semakin besarnya situs maka anda juga diharuskan memakai layanan web hosting yang lebih besar, yang artinya semakin mahal juga. That’s fair and economist. Pembagiaan paket Shared Web Hosting ada beragam macam menurut besar kapasitas server dan harga.

Shared Hosting adalah solusi yang terbaik untuk bisnis kecil dan menengah atau personal.

 

VPS Web Hosting

VPS atau Virtual Private Server mengacu pada mesin virtual server. VPS adalah metode memartisi sebuah fisik komputer server induk menjadi sebuah/beberapa server anak yang memiliki Bandwidth, Kapasitas Disk dan Operating System terpisah sendiri. Keistimewaannya adalah walaupun anda berbagi pemakaian fisik server bersama dengan banyak situs-situs lain, anda tidak berbagi sumber daya server bersama mereka. Kelebihan lainnya adalah anda memiliki kontrol yang lebih luas, hampir menyamai kontrol Dedicated Server. Anda menikmati privasi seperti memiliki dedicated server sendiri dan bebas mengkonfigurasinya untuk menjalankan spesifik software.

Layanan VPS Web Hosting menawarkan kontrol yang lebih besar dalam lingkungan web dibandingkan Shared Hosting tetapi dengan biaya dibawah biaya layanan Dedicated Server.

Untuk menggunakan VPS dibutuhkan banyak pengetahuan teknis dalam hal mengelola dan pemakaiannya secara optimal. Sehingga jika anda awam tetapi membutuhkan VPS Web Hosting, maka sebaiknya anda pastikan perusahaan Hosting Provider yang ingin anda pakai juga menyediakan jasa teknisi yang membantu mengelola VPS-mu setiap saat 24/7/365.

VPS Web Hosting hanya disarankan untuk situs dengan traffic pengunjung yang telah tinggi, perusahaan kecil atau menengah yang membutuhkan lingkungan web yang aman dan terkendali, perusahaan besar, atau web developer/designer yang membutuhkan fitur server yang lebih luas.


Dedicated Web Hosting / Dedicated Server

Dedicated Web Hosting adalah sebuah fisik server yang bisa anda sewa dari perusahaan hosting provider. Ini artinya kontrol penuh atas segala hal mengenai server tersebut. Mulai dari Hardwarenya, Keamanannya, Operating Systemnya, Antivirus & Anti- malware, dll. Anda memiliki kontrol penuh atas sumber daya server dan bisa mengubahsuai menurut kehendakmu. Tentu saja anda dituntut untuk tahu banyak pengetahuan teknis sebuah server sebelum anda bisa menggunakannya. Perusahaan besar pada umumnya mempekerjakan administrator server sendiri untuk hal ini. Akan tetapi jika anda tidak memiliki kemampuan teknis yang mumpuni maka sebaiknya anda mencari Hosting Provider yang bisa menyediakan teknisi untuk mengelola Dedicated Server-mu setiap saat 24/7/365.

Keuntungan dengan memiliki Dedicated Server adalah situs anda menempati server tersebut sendirian dan anda bebas menambah situs-situs lain milik sendiri di server tersebut. Karena hanya dipakai sendiri maka tidak ada kekawatiran situs-situs orang lain bisa memasukkan malware atau virus ke situs anda seperti yang bisa terjadi di Shared Web Hosting. Anda bahkan juga bisa menyewakan sebagian sumber daya servermu kepada orang lain, jika anda mau.

Dedicated Hosting Server hanya digunakan oleh perusahaan menengah dan besar dan jarang dipakai untuk keperluan personal kecuali lalulintas pengunjung situs yang ekstrim tinggi.

Managed Hosting

Managed Hosting / Web Hosting Terkelola ini adalah web hosting yang dikhususkan untuk situs dengan Platform yang sama. Seperti misalnya Managed WordPress Hosting maka web hosting tersebut hanya dikhususkan untuk situs-situs yang dibuat dengan WordPress saja. Keuntungannya disini adalah anda tidak direpotkan soal instalasi jika anda tidak tahu cara install WordPress di web hosting. Dan karena hanya menjalankan platform yang sama, biasanya hosting seperti ini memiliki sistem keamanan yang sangat prima, penyelenggaraan yang sangat optimal, dan teknisinya memiliki pengetahuan platform yang sangat memadai saat memberi bantuan ke pelanggan. Kekurangannya adalah biasanya biaya penyewaan hosting menjadi lebih mahal.

Ada banyak jenis Managed Hosting untuk platform lainnya seperti  Joomla, Drupal, Blogger dll jika anda tertarik.

Layanan Managed Hosting cocok untuk semua orang dan jenis bisnis. Baik itu pemula, orang awam, atau mereka yang tidak ingin ribet dengan segala urusan teknis seperti maintenance, backup dll.


Jenis Layanan Web Hosting Manakah yang Sebaiknya Saya Pilih?

Jawabannya adalah disesuaikan dengan kegunaan dan kebutuhan situs anda.

Shared Web Hosting adalah layanan hosting yang paling cocok dan paling banyak dipakai oleh situs-situs baru, situs-situs para pemula dan situs-situs professional. Juga merupakan jenis layanan hosting yang paling banyak variasi paketnya. Anda bisa memilih menurut harga, kapasitas atau fungsionalitas yang anda butuhkan.

Sedangkan Dedicated Server hanya dipakai oleh situs yang membutuhkan kontrol lingkungan web yang luas atau situs yang memiliki traffic pengunjung sangat tinggi. Layanan Dedicated Server juga adalah layanan hosting termahal yang bisa anda temui. Dan membutuhkan SDM yang ahli sehingga hanya perusahaan besar yang memakainya.

Kemudian VPS Hosting adalah layanan hosting yang terdapat diantara Shared dan Dedicated. VPS Web Hosting biasanya digunakan oleh situs yang membutuhkan sumber daya server tersendiri. Seringkali juga dipakai oleh situs personal yang besar dan traffic sangat tinggi, tetapi belum sampai memerlukan Dedicated Hosting Server untuk menekan biaya.

Terakhir adalah Managed Hosting, layanan hosting ini cocok untuk situs pemula atau mereka yang tidak ingin repot mengelola hal-hal teknis situs. Diluar sana saat ini banyak terdapat layanan Managed WordPress Hosting dan Managed Joomla Hosting, jika anda pecinta dua platform tersebut.

Web hosting di Indonesia yang bisa kurekomendasikan saat ini adalah Rumahweb.com dan Idwebhost.com. Selain karena pelayanan mereka memuaskan, paket hosting mereka termasuk cukup ekonomis tanpa mengorbankan tingkat keamanan hosting. Nama domain yang anda beli dari kedua provider ini juga telah memiliki lisensi hak milik untuk diri anda sendiri.

Akhirnya kita bertemu lagi sobat-sobat,kali ini dalam postingan saya,saya akan memberberitahu kalian apa itu domain beserta contoh domain tersebut: Apa itu Domain? Domain adalah suatu nama berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-)untuk menamai alamat url website untuk mengidenfitikasi sebagai pengganti format deretan angka alamat IP client server hosting tempat file website diletakkan dan untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “balimechanicweb.net”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.Dalam membuat atau membangun sebuah website, hal yang selalu dan wajib ada adalah domain dan web hosting. website dan domain sangat erat hubungannya dan tidak dapat terpisahkan. adapun bahwa nama domain itu ada beberapa jenis. Dan penggunaannya pun disesuaikan dengan tujuan dan lokasi negara. Lalu ada juga “Top Level Domain Name”adalah ektension atau kata yang berada dibelakang domain seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military). Ada dua Top Level Domain, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah domain yang akhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang dikhusus untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll). Top Level Domain ada beberapa jenis : generik dan yang disponsori .yang generik ada beberapa jenis pula .walaupun tiap jenis TLD sebenarnya memiliki arti tersendiri . penjelasanya dapat dilihat dibawah ini :Contoh : misal alamat IP server tempat file web kita disimpan adalah 77.165.90.89 sebenarnya kita bisa saja mengetikkan 77.165.90.89 langsung di browser untuk mengakses website kita, namun hal ini tentunya sangat tidak baik bagi ingatan orang khususnya ingatan pengunjung website yang mengakses website kita. Sehingga fungsi domain lebih untuk mudahkan orang mengingat sebuah nama url dibanding deretan deretan angka IP. Untuk itu diperlukan domain guna mengganti deretan angka tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya gampang diingat. misal:namadomain.com akan lebih mudah diingat ketimbang angka 218.719.51.617

  • .biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.
  • .com : Digunakan untuk keperluan komensial.
  • .edu : Digunakan untuk keperluan pendidikan.
  • .info : Digunakan untuk keperluan informasi.
  • .name : Digunakan untuk keperluan web pribadi.
  • .net : Digunakan untuk keperluan internet.
  • .org : Digunakan untuk keperluan organisasi.
  • .pro : Digunakan untuk keperluan profesional.

Selain itu ada juga domain yang dikembangkan menggunakan sponsor seprti:

  1. .aero : Digunakan untuk perusahaan penerbangan.
  2. .asia : Digunakan untuk domain di asia.
  3. .cat : Digunakan untuk kategori.
  4. .coop : Digunakan untuk perusahaan cooperation.
  5. .edu : Digunakan untuk pendidikan.
  6. .gov : Digunakan untuk pemerintahan.
  7. .int : Digunakan untuk internasioal.
  8. .jobs : Digunakan untuk pekerjaan.
  9. .mil : Digunakan untuk militer.
  10. .mobi : Digunakan untuk keperluan mobile communication.
  11. .tel : Digunakan untuk telekomunikasi.
  12. .museum : Digunakan untuk website musium.
  13. .travel : Digunakan untuk perjalanan.

 

Domain Indonesia:

  1. .ac.id : Jenis domain yang digunakan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  2. .co.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  3. .or.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi selain organisasi yang masuk kedalam kategori domain ac.id,   co.id, net.id, go.id, mil.id, sch.id, dst dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  4. .net.id : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  5. .web.id : Jenis domain yang digunakan bagi personal dan organisasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  6. .sch.id : Jenis domain yang digunakan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  7. .go.id : Jenis domain yang digunakan khusus bagi instansi pemerintah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  8. .mil.id : Jenis domain yang digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  9. .war.net.id Jenis domain yang digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Keuntungan memiliki Top Level Domain(TLD)

Keuntungan yang dapat diperoleh jika memiliki Top Level Domain(TLD) ialah hasil pencarian lebih diutamakan di search engine.Sehingga situs yang menggunakan Top Level Domain akan lebih diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di google.Selain itu TLD membuat website anda terlihat profesional dan pengunjung juga mudah mengingat domain website anda.

Daftar Pustaka

  1. http://cybersatria.com/tutorial/umum/7-carakerjawebsite
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Perancangan_web
  4. http://ariefallebmth.blogspot.com/2011/05/alur-proses-pembuatan-website.html
  5. http://ridho-hrnf.blogspot.com/2013/10/pengertian-domain-beserta-jenisnyadan.html
  6. http://wpkreativ.com/hal-yang-dipertimbangkan-ketika-memilih-jenis-layanan-web-hosting-terbaik/
  7. http://www.rumahdesain83.com/blog/definisi-hosting-dan-berbagai-macam-layanan-nya

Materi Dalam Bentuk MS Word bisa didapatkan melalui Lik Dibawah ini :

Artikel Materi Pemrograman Web Pertemuan 1 – 2

ditulis oleh :

Kata Kunci : , ,

Kelompok Artikel: Materi

Comments (4)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Abi says:

    Pak untuk schoologynya menyusul bisa pak, karen tadi ada kegiatan OSIS ke Kabupaten.

  2. Hilman says:

    saya sangat tertarik dengan tulisan anda, saya juga mempunyai tulisan sejenis
    yang mungkin anda juga tertarik, anda bisa mengunjunginya di klik disini terima kasih.

  3. andi says:

    it is good article thnks you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *