Permendikbud Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK

| June 5, 2014 | 0 Comments
kurikulum 2013

kurikulum 2013

Tahun ini merupakan awal pelaksanaan Kurikulum 2013 bagi semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK. Setelah dilakukan percobaan pelaksanaan pada beberapa sekolah pada tahun sebelumnya, tahun ini menjadi start awal pelaksanaan semua kurikulum 2013. Bagi sekolah sekolah yang ditunjuk melaksanakan kurikulum 2013 setahun sebelumnya, pada tahun ini menjadi sekolah pemrakarsa dan percontohan pelaksanaan kurikulum 2013.

Inti Kurikulum 2013

Berbagai langkah sudah dilakukan untuk merumuskan kurikulum 2013 ini dimulai dari lingkungan kemendikbud sendiri dengan pakar-pakarnya kemudian pemaparan kurikulum 2013 didepan wakil presiden selaku ketua komite pendidikan pada 13 november 2012, pelaksanaan uji publik kurikulum 2013 dan terakhir perbaikan pada kurikulum 2013. Setelah melewati berbagai proses tersebut maka pada thun ini kurikulum 2013 siap diluncurkan. Inti dari Kurikulum 2013 ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

Dalam rangka pelaksanaan Kurikulum 2013 tersebut, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan peraturan baru yang berisi tentang Implementasi Kurikulum yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013. Titik berat Kurikulum 2013, agar peserta didik memiliki kemampuan yang lebih dalam melakukan : observasi, bertanya (wawancara), bernalar dan mengkomunikasikan / mempresentasikan apa yang mereka peroleh / ketahui setelah menerima materi pembelajaran.

Aspek Kurikulum 2013

  1. Pengetahuan. Pengetahuan dalam kurikulum 2013 sama dengan pengetahuan pada kurikullum sebelumnya yaitu ditekankan pada pemahaman siswa dalam pelajaran. Nilai ini bisa didapatkan dari ulangan harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan akhir semester dan Ujian Kenaikan Kelas. Tetapi dalam kurikulum 2013 pengetahuan bukanlah aspek utama seperti pada kurikulum sebelumnya.
  2. Keterampilan. Aspek ini termasuk aspek yang baru dalam kurikulum indonesia, keterampilan merupakan penekanan pada kemampuan atau skill siswa. Kemampuan bisa seperti kemampuan mengemukakan pendapat dalam musyawarah, membuat laporan, dan berpresentasi. Dalam kurikulum 2013 aspek ini termasuk aspek yang penting karena kalau hanya pengetahuan tanpa ada kemampuan menyampaikan hanya akan menjadi teori semata.
  3. Sikap. Aspek Kurikulum 2013 yang ketiga ini merupakan aspek yang sulit dinilai, karena dalam melakukan penilaian guru harus ekstra cermat dan ekstra waktu untuk memberikan penilaian per siswanya. Sikap yang dinilai melliputi sopan santun, adab dalam belajar, absensi, sosial dan ketaatan beribadah. Dengan hal tersebut maka guru atau pendidik dituntut untuk setiap saat mengawasi siswa siswinya, dan hal ininlah yang menyebabkan penilaian tidak begitu efektif.

Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kurikulum 2014

Permendikbud No. 81A Tahun 2013 ini menyertakan 5 (lima) lampiran yang memuat tentang beberapa pedoman pelaksanaan pendidikan yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulum 2013, yaitu:

  1. Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan;
  2. Pedoman Pengembangan Muatan Lokal;
  3. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler;
  4. Pedoman Umum Pembelajaran; dan
  5. Pedoman Evaluasi Kurikulum.

Artikel Permendikbud Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK

ditulis oleh :

Kata Kunci : ,

Kelompok Artikel: Administrasi Guru, Kurikulum 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *