Contoh Perhitungan PKG Mata Pelajaran

Perhitungan PK guru Mata Pelajaran
Perhitungan PK guru Mata Pelajaran

PKG (Penilaian Kinerja Guru) Mata Pelajaran merupakan bagian terpenting untuk meningkatkan jenjang karier guru, terutama bagi guru-guru muda yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru itu sendiri. Dalam Perhitungan Penilaian Kinerja Guru Mapel atau biasa disebut dengan Guru Mata Pelajaran terdapat hitungan yang perlu diperhatikan untuk menentukan angka PKG bagi Guru Mapel. Sebelum nilai PKG Guru Mata Pelajaran dimasukkan untuk penghitungan PAK atau DUPAK maka perlu dihitung terlebih dahulu. Sebagai contoh dalam menentukan Nilai PKG Guru Mapel saterlat.com akan memberikan contoh penghitungan nilai PKGnya.

Budiman, S.Pd. adalah guru Bahasa Indonesia dengan jabatan Guru Pertama pangkat dan golongan ruang Penata Muda III/a TMT 1 April 2012. Budiman S.Pd. yang mengajar 24 jam tatap muka dan telah mengikuti PK GURU pada Desember 2012 dengan nilai 50. Maka untuk menghitung angka kredit yang diperoleh oleh Budiman S.Pd. pada tahun tersebut digunakan langkah-langkah perhitungan sebagai berikut.

  1. Konversi hasil PK GURU ke skala 0 – 100 nilai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 dengan menggunakan rumus berikut.
    Rumus Menghitung PK Guru Mapel
    Rumus Menghitung PK Guru Mapel

    Ingat nilai tertinggi PKG pembelajaran adalah 56.

  2. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tetapkan range nilai PKG dalam skala 0 – 100. Nilai 89 ternyata berada dalam rentang 76 – 90 dalam skala tersebut dengan sebutan “baik” (100%).
  3. Tentukan angka kredit per tahun yang diperoleh Budiman S.Pd. dengan menggunakan rumus tersebut di atas; maka angka kredit yang diperoleh Budiman, S.Pd. untuk subunsur pembelajaran pada tahun 2012 (dalam periode 1 tahun) adalah :
    Angka Kredit PK Guru Mata Pelajaran
    Angka Kredit PK Guru Mata Pelajaran

    Ingat! untuk menetapkan AKK, AKPKB dan AKP wajib atau yang dipersyaratkan lihat Pasal 16 dan 17 Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009

  4. Angka kredit yang diperoleh Budiman, S.Pd. sebanyak 5 per tahun. Apabila Budiman, S.Pd. memperoleh nilai kinerja tetap “baik”, selama 4 tahun, maka angka kredit untuk unsur pembelajaran yang dikumpulkan adalah 10.5 x 4 = 42.
  5. Apabila Budiman, S.Pd. melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan memperoleh 3 angka kredit dari pengembangan diri dan 5 angka kredit dari kegiatan penunjang, maka Budiman, S.Pd. memperoleh angka kredit kumulatif sebesar = 42 + 3 + 5 = Karena angka kredit yang dipersyaratkan untuk naik pangkat/jabatan adalah 50 (Guru Pertama pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a ke Guru Muda pangkat Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b). Jadi Budiman S.Pd. dapat naik pangkat/jabatan tepat dalam 4 tahun.

Perhitungan diatas adalah perhitungan PKG Dari Golongan ruang  III/a yang diperkirakan akan naik ke III/b kurang lebih 4 tahun. Kenaikan golongan III/a ke III/b jika Penilaian Kinerjanya trus menerus seperti diatas maka yang bersangkutan dapat mengajukan KP (Kenaikan Pangkat) dalam 4 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *