Contoh Perhitungan PKG Golongan IIIa ke IIIb

Contoh PKG Guru Mapel Golongan III/a ke III/b
Contoh PKG Guru Mapel Golongan III/a ke III/b

Untuk menentukan Perhitungan PKG PNS dari golongan III/a ke Golongan III/b harus sesuai dengan kebutuhan dan rumus yang sudah ditentukan. Adapun kebutuhan Angka Kredit dari Golongan III/a ke Golongan III/b sebesar 50. Sebagai contoh atau ilustrasi berikut akan kami sampaikan penghitungan Angka Kredit dari guru golongan III/a ke golongan III/b sebagai berikut :

Budiman, S.Pd. adalah guru Bahasa Indonesia dengan jabatan Guru Pertama pangkat dan golongan ruang Penata Muda III/a TMT 1 April 2012. Budiman S.Pd. yang mengajar 24 jam tatap muka dan telah mengikuti PK GURU pada Desember 2012 dengan nilai 50. Maka untuk menghitung angka kredit yang diperoleh oleh Budiman S.Pd. pada tahun tersebut digunakan langkah-langkah perhitungan sebagai berikut.

1)   Konversi hasil PK GURU ke skala 0 – 100 nilai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 dengan menggunakan rumus berikut ini:

NIlai PKG Golongan III/a ke III/b
NIlai PKG Golongan III/a ke III/b

Ingat nilai tertinggi PKG pembelajaran adalah 56.

2)   Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tetapkan range nilai PKG dalam skala 0 – 100. Nilai 89 ternyata berada dalam rentang 76 – 90 dalam skala tersebut dengan sebutan “baik” (100%).

3)   Tentukan angka kredit per tahun yang diperoleh Budiman S.Pd. dengan menggunakan rumus tersebut di atas; maka angka kredit yang diperoleh Budiman, S.Pd. untuk subunsur pembelajaran pada tahun 2012 (dalam periode 1 tahun) adalah :

Menghitung Angka Kredit

Ingat! untuk menetapkan AKK, AKPKB dan AKP wajib atau yang dipersyaratkan lihat Pasal 16 dan 17 Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009

4)   Angka kredit yang diperoleh Budiman, S.Pd.  sebanyak 10.5 per tahun. Apabila Budiman, S.Pd. memperoleh nilai kinerja tetap “baik”, selama 4 tahun, maka angka kredit untuk unsur pembelajaran yang dikumpulkan adalah 10.5 x 4 = 42

5)   Apabila Budiman, S.Pd. melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan memperoleh 3 angka kredit dari pengembangan diri dan 5 angka kredit dari kegiatan penunjang, maka Budiman, S.Pd. memperoleh angka kredit kumulatif sebesar = 42 + 3 + 5 = 50. Karena angka kredit yang dipersyaratkan untuk naik pangkat/jabatan adalah 50 (Guru Pertama pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a ke Guru Muda pangkat Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b). Jadi Budiman S.Pd. dapat naik pangkat/jabatan tepat dalam 4 tahun.

Demikian conoth penghitungan PK Guru Mata Pelajaran untuk golongan III/a ke golongan III/b.

2 thoughts on “Contoh Perhitungan PKG Golongan IIIa ke IIIb

  • October 1, 2016 at 3:59 am
    Permalink

    contoh pengembangan diri sy kurang fhm

    Reply
    • October 21, 2016 at 2:21 am
      Permalink

      hhhhhh sama sama belajar buk

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *