Contoh Isi Administrasi Pembelajaran Guru SMK

| June 6, 2014 | 0 Comments
administrasi pembelajaran

administrasi pembelajaran

Administrasi Guru merupakan hal biasa bagi seorang guru, tetapi meskipun itu merupakan pekerjaan wajib ada beberapa guru yang menanyakan bagaimana kelengkapan administrasi guru sebenarnya. Kalau menurut penulis semua contoh administrasi guru benar tidak ada yang salah mungkin hanya format yang berbeda saja, tetapi hal tersebut bukanlah suatu masalah. Adminitrasi guru adalah suatu cara bekerja  dalam rangka usaha mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, yang mendatangkan hasil yang baik dan tepat, sesuai dengan tujuan kegiatan belajar mengajar yang telah ditentukan. atau administrasi guru adalah semua kegiatan belajar mengajar yang meliputi usaha-usaha besar seperti teknik, metode, perencanaan dan seterusnya, sampai kepada usaha-usaha kecil dan sederhana seperti membina siswa, mengarahkan dan lain sebagainya.

Tujuan Administrasi Guru

Tujuan administrasi guru adalah agar semua kegiatan belajar mengajar yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Dengan Pembuatan Admnistrasi yang baik diharapkan tujuan pembelajaran kepada siswa menjadi terarah dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Perkiraan waktu yang digunakan juga tepat sehingga semua materi dapat tersampaikan dengan tepat sasaran. Pembagian lama materi disampaikan juga terencana dengan baik dan semua siswa mampu menyerap dengan baik.

Fungsi Administrasi Guru

Dengan membuat Administrasi Guru yang rapi menjadikan guru mampu mengontrol materi yang disampaikan kepada siswa, berapa jam materi harus disampaikan, berapa hari atau berhubungan dengan materi mana materi yang disampaikan, itu merupakan salah satu fungsi administrasi guru bagi tenaga pendidik. Dengan adanya kontrol yang tepat dan sesuai dengan yang direncanakan diharapkan proses kbm berjalan dengan lancar. Jika karena suatu hal ada sesuatu yang kurang sesuai guru akan segera mengatur ulang skenario pembelajarannya supaya tujuan menyampaikan materi ke siswa dapat tercapai.
Salah satu isi dari administrasi guru adalah perencanaan. Disinilah kunci utama administrasi guru yaitu perencanaan yang matang mengenai waktu, materi dan lama pelajaran akan disampaikan kepada siswa. Biasa juga disebut dengan skenario pembelajaran, penghitungan hari efektif dan hari tidak efektif sangat mempengaruhi dalam pembuatan skenario pembelajaran. Perlu diketahui juga dalam penentuan skenario pembelajaran juga dibutuhkan waktu atau hari sebagai cadangan untuk antisipasi jika hari efektif yang diperkirakan meleset, dikarenakan ada kegiatan lain seperti adanya penyelenggaraan workshop, diklat, lomba – lomba, ataupun tugas bagi guru itu sendiri yang mengharuskan meninggalkan tugasnya bertatap muka dengan siswa.

Pengorganisasian Administrasi Guru

Setelah semua adminstrasi guru dibuat dengan baik diperlukan pengorganisasian dokumen administrasi yang sudah dibuat. Jangan sampai dokumen administrasi guru yang sudah selesai tidak terawat dengan baik, hal itu akan menjadikan kita kesulitan mengontrol atau mengecek jadwal materi yang sudah kita jalankan sebagai guru. Maka dari itu pengorganisasian yang baik administrasi guru merupakan suatu keharusan. Menjilid menjadi satu menyyimpan dan merapikannya merupakan hal yang harus dilakukan. Terkadang administrasi guru juga diperlukan ketika akan mendekati event event tertentu seperti akreditasi sekolah, akreditasi kejuruan, atau ketika ada pengawas sekolah yang memeriksa kelengkapan berkas guru dan juga bagi sekolah yang menggunakan sistem management mutu atau ISO dalam administrasinya pasti setiap tahun akan diadakan pemeriksaan.

Isi Administrasi Guru

Isi dalam administrasi guru anatara lain berisi beberapa berkas sebagai berikut :

  1. Cover
  2. Silabus
  3. Analisis Kegiatan Pembelajaran
  4. Analisis Urutan Logis Pembelajaran
  5. Bank Soal
  6. Hitungan Perkiraan Jam Mengajar
  7. Impelemtatif Pembelajaran
  8. KKM
  9. Modul Materi
  10. Jobsheet
  11. RPP

Adapun kelengkapan administrasi guru setiap sekolah berbeda-beda dan formatnya juga berbeda sesuai dengan aturan yang dipakai oleh masing – masing sekolah. Perbedaan seperti itu bukanlah menjadi suatu masalah, meskipun berbeda tetapi memepunyai tujuan yang sama yaitu untuk menyampaikan materi ke siswa dengan baik dan efektif.

Artikel Contoh Isi Administrasi Pembelajaran Guru SMK

ditulis oleh :

Kata Kunci : ,

Kelompok Artikel: Administrasi Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *