Cara Presentasi didepan kelas

| January 15, 2015 | 0 Comments
Tips Presentasi didepan kelas

Tips Presentasi didepan kelas

Presentasi didepan kelas merupakan hal yang wajib bagi siswa untuk dilakukan terutama yang menerapkan Kurikulum 2013 atau dikenal dengan k-13. Dalam melakukan presentasi banyak siswa yang merasa minder atau ragu ragu, dari tugas presentasi yang penulis berikan ke siswa hanya sekitar 5% yang berani menyampaikan pendapatnya. Dengan adanya K-13 diharapkan mental dan semangat siswa dalam menyampaikan pendapat dapat lebih meningkat sehingga menjadi siswa yang kritis dan selalu berpikiran positif.

Dalam menyajikan presentasi didepan kelas bisa mengikuti beberapa tips yang sudah penulis rangkum dan pernah penulis lakukan seperti :

  1. Perkenalkan siapa diri anda dan kenalkan kelompok presentasi anda jika ada. Perkenalan merupakan hal yang penting dalam sebuah presentasi karena dengan perkenalan akan mengenalkan siapa diri kita dan memantapkan langkah presentasi yang akan kita lakukan. Perkenalkan dengan singkat siapa diri anda dan berperan sebagai apa dalam kegiatan presentasi tersebut. Jika presentasi dikerjakan secara berkelompok jangan lupa perkenalkan semua kelompok anggota anda. Sebutkan nama kelompok satu-persatu, dan jangan lupa bagi anggota kelompok yang disebutkan supaya menunjukkan diri dengan mengacungkan tangan atau melambai supaya audiens atau teman teman yang lain tahu. Sampaikan maksud dan tujuan presentasi
  2. Berikan pertanyaan sebagai pembuka. Sebagai awalan dan memncaing rasa ingin tahu peserta presentasi berikan sedikit pertanyaan ringan sehingga merangsang peserta untuk lebih memperhatikan. Cobalah lontarkan pertanyaan ringan kepada beberapa teman yang kurang memperhatikan tetapi tetap menjaga rasa humor anda dan jangan sampai menyinggung atau memojokkan seseorang.
  3. Buka presentasi dengan cerita. Ceritakan sedikit hal lucu atau hal yang berkaitan dengan materi anda. Atau sesuatu yang berhubungan dengan materi anda yang terlihat konyol, bisa berupa anekdot atau kegiatan lainnya.
  4. Tampilkan gambar menarik dan jelas sesuai tema yang diambil. Dalam penyajian gambar berikan gambar yang menarik dan jelas. Jangan menyajikan gambar yang sudah diperbesar tanpa skala yang benar sehingga gambar yang disajikan terlihat melebar atau menyempit.
  5. Tawarkan pertanyaan bagi yang ingin bertanya. Jagan lupa selalu lontarkan pertanyaan bagi peserta presentasi dan usahakan memberikan pancingan pertanyaan kepada para peserta.
  6. Akhiri dengan ucapan terima kasih atas partisipasi dan perhatian teman-teman. Ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama teman-teman baik yangsudah menjadi pendengar, penanya, atau yang ingin mengganggu, lakukan dengan penuh senyum dan semangat.

Itulah beberapa tips untuk menyampaikan presentasi didepan kelas, semoga sedikit tips presentasi tersebut bermanfaat bagi pembaca atau bisa menjadi referensi bagi pembaca.

Artikel Cara Presentasi didepan kelas

ditulis oleh :

Kata Kunci : ,

Kelompok Artikel: Info, Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *