4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik

WordPress merupakan CMS yang sudah mendunia dengan pemakai terbanyak. Selain bersifat sebagai CMS gratis untuk blog dan website juga didukung oleh berbagai plugin yang jumlahnya jutaan baik yang gratis ataupun yang berbayar (premium). Komunitas pecinta WordPress dengan berbagai template yang mereka sediakan merupakan salah satu hal yang menyebabkan CMS ini besar. kali ini penulis membahas mengenai 4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik.

BAHAYA WORDPRESS

4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik
4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik

Bahaya wordpress dengan komunitas yang begitu besar selalu saja ada terutama masalah keamanan data yang tersimpan dihosting, sekali data anda terhack atau telah disusupi orang lain yang berniat buruk maka BUMMPPPP semua data bisa hilang dan anda harus memulainya dari awal.

Backup WordPress menjadi diperlukan untuk mengamankan data anda jika sesuatu terjadi seperti penghapusan data yang dilakukkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan ini lah harga dari kepopuleran CMS wordpress yang harus anda bayar.

Sabuk Pengaman

Dengan menggunakan backup pada wordpress layaknya anda mengenakan sabuk pengaman, sehingga ketika terjadi sesuatu pada hosting website anda, anda memiliki backup yang bisa dijadikan sebagai pegangan memperbaiki website anda tanpa harus memulai dari NOL.

Dalam penggunaan Backup WordPress tersedia banyak sekali plugin yang bisa anda gunakan. Sebenarnya melalui penyedia jasa hosting juga sudah memberikan fasilitas untuk melakukan backup melalui cpanel tetapi seperti yang sudah penulis tulis di 2 Plugin Backup WordPress Premium hal itu menyebabkan kita bekerja 2 kali. Dalam pemilihan Plgin Backup WordPress perlllu dicermati arah dari data yang dibackup, jika hanya dalam 1 lokasi artinya masih dalam 1 hardrive (1 hosting) masih ada kemungkinan data hilang karena kerusakan server hosting atau bencana alam atau faktor lainnya. Sehingga data backup yang tersimpan ikut lenyap. Lebih baik menyimpan data backup dilokasi yang berbeda dan terpercaya sehingga data anda tetap aman berada disana.

4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik

1. Dropbox Backup & Restore

Plugin Backup wordpress ini bisa anda gunakan dan dia bersifat membackup kebutuhan wordpress anda di tempat yang berlainan yaitu ada di drive dropbox. Selain backup juga menyediakan restore sehingga anda dapat dengan mudah mengembalikan data yang hilang hanya dengan menginstal wordpress baru kemudian melakukan restore maka dalam beberapa menit blablabla akan kembali data yang anda inginkan. Dia akan bekerja membackup semua data di Local Storage hosting anda kemudian setelah selesai akan menguploadnya ke drive dropbox yang sudah sinkonkan terlebih dahulu.

2. BackUpWordPress

Plugin backup WordPress Gratis ini mampu melakukan backup untuk hosting Linux maupun Windows. Selain itu menurut promonya juga menggunaan memori yang rendah ketika melakukan backup sehingga bisa menghemat pemakaian hard memori server anda terutama jika anda menggunakan share hosting. Penjadwalan backup website anda juga bisa diatur jika ingin mendapatkan pemberitahuan tentang backup yang sudah dilakukan bisa disinkronisasikan dengan akun email anda. Tersedia juga opsi zip dan mysqldump untuk melakukan backup wordpress secara cepat dan akurat. Dalam penggunaannya membutuhkan versi PHP 5.3.2 atau diatasnya jadi cek dahulu penggunaan PHP diwebsite anda.

3. UpdraftPlus Backup and Restoration

UpdraftPlus merupapkan Plugin Backup WordPress gratis berikutnya. Plugin Backup ini dapat melakukan bakcup manual ke hosting anda ataupun backup ke clouds seperti Amazon S3, Dropbox, Google Drive, Rackspace Cloud, DreamObject, FTP, MicrosoftOneDrive, SFTP, SCP, WebDav, OpenStackSwiff dan juga melalui pemberitahuan email. Selain Backup dia juga mampu melakukan restore data dengan sekali klik dan BLABLA BLA website anda sudah terrestore kembali. Plugin gratis wordpress ini juga mendukung sebagai duplicator sehingga mampu memindahkan data wordpress anda ke website yang baru dan ini akan membantu jika anda melakukan pindah hosting. Jika anda memiliki website yang datanya besar anda bisa memindahkan dengan mebagi file bakcup atau split file sesuai yang diinginkan sehingga akan memudahkan adna dalam melakukan backup data. Semuanya bisa dilakukan melalui dashboard wordpress anda dengan mudah.

4. BackWPup Free

Plugin Backup WordPress selanjutnya mampu membackup XML dari website anda sehingga memiliki fungsi yang lebih luas selain mampu melalukan backup ke clouds storage seperti dropbox, rackspace, sugarsync, Amazon Glacier (versi PRO) dan Google Drive (versi PRO). Fitur lainnya plugin ini mampu melakukan optimasi Database untuk menjaga website anda selalu sehat dan berjalan kencang. Maka karena didukung Optimasi Database maka tersedia juga fasilitas untuk melakukan cek dan memperbaiki kesalahan atau menghapus sampah dalam database.

Itulah 4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik menurut penulis. Banyak tersedia plugin Backup wordpress yang lain tetapi 4 plugin ini mampu dan cukup mewakili dari kesemuanya yang gratis. Memang ada kekurangan dan kelebihan dari setiap plugin, semuanya tergantung dari pemakai sekalian inngin menggunakan plugin yang mana, mau gratis atau premium semua terserah kepada pembaca. Yang pasti Sedia Payung Seblum Hujan pilihlah salah satu dari 4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik diatas untuk mengamankan website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *