10 Aturan Wajib Penulisan Daftar Pustaka

Daftar Pustaka
Daftar Pustaka

Daftar Pustaka merupakan daftar sumber bacaan yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan karya ilmiah. Dalam penulisannya dibutuhkan aturan aturan tersendiri dan berbeda dengan aturan ketika kita melakukan pengetikan seperti biasa. Terdapat banyak sekali aturan dalam penulisan Daftar Pustaka tetapi disini penulis akan memberikan 10 Aturan Wajib Penulisan Daftar Pustaka. Wajib artinya harus disertakan karena bersifat umum dan banyak yang menggunakan dengan format tersebut. Langsung saja kita simak apa 10 Aturan tersebut.

 

  1. Wajib Menuliskan Nama pengarang dimulai dari nama belakang atau keluarga kemudian diikuti dengan tanda koma kemudian nama depan, untuk aturan ini terkecuali nama pengarang dari Negeri Cina, Untuk Cina ditulis sesuai urutan dari nama depan kebelakang.
  2. Wajib Menuliskan nama pengarang yang terdapat pada kutipan secara lengkap menyebutkan nama sesuai pada kutipan.
  3. Wajib Mengurutkan Daftar Pustaka sesuai urutan Abjad.
  4. Wajib menuliskan seluruh nama pengaran apabila terdapat pengarang lebih dari 1 orang, hindari menggunakan dll dan dkk.
  5. Untuk Gelar Pengarang tidak perlu dicantumkan.
  6. Wajib menuliskan nama lembaga/instansi yang menerbitkan buku acuan jika sumber tidak menyebutkan nama pengarangnya.
  7. Wajib menuliskan nama pengarang apabila sumber acuan yang dipakai satu pengarang lebih dari satu buku.
  8. Wajib mengetikkan dengan ketentuan jarak satu spasi (rata kiri kanan), tepi menjorok antara satu pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak dua spasi.
  9. Usahakan batasan tahun referensi pustaka lima tahhun terakhir.
  10. Wajib mencantumkan nama penulis. Tahun upload tulisan. Judul tulisan. Nama lengkap. URL/Web. (tgl,bulan,dan tahun diunduh). Bukan dari Blogspot, wordpress, wikipedia, atau kamus apabila Referensi sumber acuan diunduh dari internet.

Demikian sharing mengenai 10 aturan wajib penulisan daftar pustaka yang bisa penulis bagikan untuk seluruh pembaca dan semoga bermanfaat. Aturan penulisan diatas memang penulis gunakan untuk pengetikan keseharian. Seperti sudah penulis jelaskan diatas ada banyak aturan penulisan daftar pustaka, tetapi menurut penulis 10 aturan penulisan daftar pustaka sudah lebih dari cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *